Pilihan Motor Rp 15 Jutaan, Apa Saja yang Tersedia?

Pilihan Motor Rp 15 Jutaan, Apa Saja yang Tersedia?

Bagi Anda yang berniat membeli motor baru, tentu harga menjadi pertimbangan. Salah satu estimasi harga yang masih terjangkau saat ini adalah motor dengan banderol Rp 15 jutaan. Bahkan ditenggarai, di kelas motor dengan harga segitu yang menopang penjualan Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Lalu motor-motor apa yang tersedia, inilah paparan singkatnya.

Yamaha Mio 

Yamaha Mio S

Kami mulai dari yang baru-baru ini dilaunching yaitu Mio tipe S. Harga yang ditawarkan yaitu Rp 15,75 juta (On the Road Jakarta) dan sudah menggendong kapasitas 125 cc dengan teknologi Blue Core yang diklaim lebih irit bahan bakar tanpa mengabaikan performa.

Mio S ini memiliki mesin satu silinder, berpendingin udara, 4-tak, SOHC yang mampu mengeluarkan tenaga 9,52 hp pada 8.000 rpm dengan torsi maksimum 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Selain itu Mio S memiliki ukuran 1.870 x 685 x 1.060 mm (Panjang x lebar x tinggi) dan untuk jarak terendah ke tanah 135 mm dengan bobot 94 kg.

Nah, nilai kebaruan dari Mio S ini salah satunya adalah sudah mengadopsi ban tubeless dan tapak ban lebih lebar. Ukuran ban Mio S adalah 80/80-14 untuk bagian depan dan 100/70-14 untuk bagian belakang. Penggunaan model ban seperti ini guna menambah kenyamanan dan keseimbangan pengendalian lebih terasa saat mengemudi.

Pusat perhatian pada Mio S adalah desain bodi yang ramping dengan kombinasi lampu depan LED dan  paduan desain nuansa berlian. Alhasil, dengan model seperti itu akan membuat Mio S sebagai center of interest.

Berikutnya Mio S ini juga sudah dilengkapi kait barang yang bisa dilipat serta fitur Answer Back System yang memudahkan pemilik motor mencari kendaraan di parkiran. Berikutnya juga ada fitur lampu hazard yang memudahkan beri tanda dalam situasi darurat. Untuk pilihan warnanya ada special green, smart white, spirit red, dan strong black.

Selain Mio S, di harga Rp 15 jutaan juga ada Mio M3 125 dan Mio Z. Kedua motor itu masing-masing diganjar Rp 15,2 juta dan Rp 15,6 juta.

Suzuki Address 

Suzuki Paling Laris

Di jajaran Suzuki ada Address Predator dan Address Playfull yang hadir dua bulan sebelum Yamaha Mio S. Harga yang ditawarkan skutik berkapasitas mesin 110 cc ini masing-masing adalah Rp 15,190 juta dan Rp 15,4 juta (On the Road Jakarta). Kedua model varian anyar dari skutik Suzuki ini sudah mengusung mesin satu silinder, 4-tak dengan berpendingin udara, SOHC.

Bila melihat dari dimensi, Suzuki Address memiliki panjang 1.855 mm, lebar 655 mm, dan tinggi 1.095 mm. Sementara wheelbase dan ground clearance masing-masing 1.260 mm dan 120 mm. Untuk bobotnya sendiri Address, baik tipe Predator dan Playfull kena 97 kg.

Komparasi Skutik

Sejumlah fitur kekinian juga akan didapat pada Address. Semisal ruang bagasi dengan kapasitas 20,6 liter yang dapat menampung helm full face dan ruang penyimpanan barang di depan yang lapang atau mampu meletakkan dua botol minuman berukuran sedang. Selain itu pengaman kunci dengan kunci pembuka jok serta pijakan kaki yang lapang juga bisa menjadi bahan pertimbangan. 

Honda BeAT

All new honda BeAt esp

Honda BeAT terbilang banyak varian yang bisa dipinang di kelas Rp 15 jutaan. Nah, diantaranya adalah BeAT Sporty yang ada di rentang harga Rp 15,175 juta (CW) hingga Rp 15,875 juta (CBS ISS). Selain itu juga ada varian Pop yang dijual Rp 15,425 juta untuk model CBS ISS Pixel dan CBS ISS Comic. Lalu berikutnya adalah BeAT yang dikhususkan untuk pria yaitu varian Street eSP yang dijual Rp 15,875 juta.

BeAT sendiri sudah mengusung mesin berkapasitas 110 cc, 4 tak, SOHC dengan berpendingin udara, eSP. Dari mesin ini Honda BeAT Pop mumpuni menghasilkan tenaga maksimum 8,68 hp pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum 9,01 Nm pada 6.500 rpm.

AISI

Secara dimensi, Honda BeAT tidak berbeda jauh dengan model skutik lainnya. Ambil contoh untuk model BeAT Pop memiliki panjang 1.856 mm, lebar 666 mm, dan tinggi 1.068 mm. Sementara untuk jarak sumbu roda 1.256 mm dan ground clearance 140 mm. Nah, kalau bobotnya sendiri 95 kg.

Sejumlah fitur adalah New Eco Indicator (NEI) yang memberikan sinyal bahwa cara mengemudi Anda sudah efisien. Selain itu bagasi memiliki volume 11 liter dan secure key shutter yang menjadikan parkir kendaraan menjadi lebih aman karena sistem penguncian bermagnet yang kuat.

Honda Revo X

New Honda Revo X

Di kelas Rp 15 jutaan, PT Astra Honda Motor (AHM) juga punya jenis bebek generasi Revo, yaitu tipe X. Revo X sendiri dijual Rp 15,325 juta (On the Road DKI Jakarta).

Honda Revo X memiliki mesin satu silinder, 4-tak dengan berpendingin udara, SOHC, serta kapasitas mesin 110 cc. Sementara untuk dimensi memiliki panjang, lebar, dan tinggi, masing-masing  1.919 x 709 x 1.080 mm.

Kemudian bila melihat dari wheelbase dan ground clearance Revo X masing-masing  1.227 mm dan 135 mm. Meskipun jenis bebek, secara fitur, Revo X juga tidak kalah menarik ketimbang motor jenis skutik. Ambil contoh Panel Meter yang terlihat modern dengan tampilan indikator fungsional yang lengkap. Kemudian ada pengaman kunci kontak bermagnet otomatis yang mengurangi resiko pencurian.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id