Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Kejar Netralitas Karbon, Yamaha Gunakan Bahan Baku Ramah Lingkungan di Motor

Senin, 31 Juli 2023
Thio Pahlevi

OTORIDER - Yamaha Motor Group mengumumkan penggunaan bahan ramah lingkungan guna mencapai netralitas karbon di seluruh aktivitas bisnis Yamaha. Hal ini diklaim sejalan dengan Environmental Plan Yamaha Motor Group 2050. Guna mencapai tujuan tersebut, Yamaha berusaha beralih ke 100% penggunaan sumber daya yang berkelanjutan dengan secara aktif mengadopsi dan menggunakan lebih banyak bahan ramah lingkungan serta daur ulang.

Yamaha pun memperkenalkan dua contoh perwujudan upaya ini, yaitu aluminium dan plastik polipropilen (PP) daur ulang yang ramah lingkungan. Aluminium diklaim adalah salah satu bahan baku terpenting dalam pembuatan sepeda motor dan suku cadangnya. Selain itu, menyumbang sekitar 12% hingga 31% dari total berat kendaraan (berdasarkan riset internal Yamaha Motor pada 2022). Proporsi ini jauh lebih tinggi daripada kendaraan lainnya.

   Baca Juga: Yamaha Gelar Aktivitas Ramah Lingkungan, Siap Capai Carbon Neutral

Guna melengkapi aluminium daur ulang yang sudah digunakan, Yamaha memutuskan fokus pada aluminium ramah lingkungan, yang disempurnakan menggunakan sumber energi terbarukan untuk menghasilkan lebih sedikit CO₂ dalam pembuatannya. Pada Februari 2023, Yamaha Motor dikatakan menjadi pabrikan pertama yang menggunakan material tersebut pada sepeda motor untuk Negara Jepang.

Di sisi lain, inisiatif untuk beralih ke bahan mentah yang berkelanjutan juga tidak terbatas pada komponen logam. Selama bertahun-tahun, Yamaha Motor telah bekerja mempromosikan penggunaan alternatif daur ulang untuk bahan resin yang digunakan pada body sepeda motor.

Namun, beralih ke bahan-bahan tersebut juga menghadirkan tantangan tersendiri. Jika bahan daur ulang semacam itu tidak memiliki tingkat desain dan kekuatan yang sebanding dengan bahan dasar pada umumnya, maka penerapan akan sulit dilakukan. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan penelusuran pembuatan dan pengadaan bahan baku menggunakan bahan yang dapat dipertanggungjawabkan proses pembuatannya (pre-consumer).

Yamaha berhasil mengembangkan plastik PP daur ulang ramah lingkungan yang akan diterapkan pada model tahun 2023 dan ditujukan untuk pasar ASEAN. Plastik ini dibuat hanya dari bahan pre-consumer, seperti purging compound (bahan pembersih mesin) dan sisa yang dihasilkan dalam proses produksi bahan kimia serta cetakan (molding).

   Baca Juga: Cara Cek Kode Tahun Produksi Ban Motor

Dibandingkan bahan PP daur ulang konvensional, alternatif yang dikembangkan Yamaha ini dapat meningkatkan kekuatan suku cadang dan tetap mempertahankan desain untuk cetakan body samping motor serta fenders (spakbor) yang membutuhkan bentuk desain terbaik dalam proses pembuatannya. Ke depan, Yamaha Motor berencana lebih meningkatkan rasio penggunaan bahan daur ulang di sepeda motor, serta secara bertahap mengadopsinya di kategori produk lainnya.

Sementara itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berkomitmen untuk mencapai Net Zero Carbon (Carbon Neutral) pada 2035. Salah satu wujudnya adalah penggunaan ratusan plastik PP daur ulang dengan spesifikasi terbaik yang digunakan pada motor produksi mulai dari 2023. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Terbaru

Motor Listrik | 18 jam yang lalu

Akan Ada Dua Pabrik Motor Listrik yang Dibangun di Indonesia

Berita | 1 hari yang lalu

Bea Cukai Jual Murah Motor Royal Enfield Mulai Rp 39 Jutaan

Sport | 1 hari yang lalu

Motor MotoGP 2027 Tidak Lagi Gunakan Bahan Bakar Fosil

Berita | 1 hari yang lalu

Daripada Membatasi Usia Motor, Lebih Baik Sediakan Kantong Parkir?

Motor Listrik | 2 hari yang lalu

250 Pengunjung PEVS 2024 Jajal Motor Listrik Honda EM1 e:
Beranda Trending Motor Listrik