Cara Cek Kode Tahun Produksi Ban Motor

Cara Cek Kode Tahun Produksi Ban Motor
Jumat, 21 Juli 2023 10:10
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Setiap ban umumnya telah dilengkapi dengan beragam informasi terkait spesifikasi. Salah satu informasi yang tertera adalah kode produksi ban.

Kode produksi ini menentukan masa pakai ban motor yang ingin Anda beli. Info tentang kode produksi ban biasanya bisa dilihat di dinding ban motor.

   Baca Juga: 3 Hal yang Bikin Kampas Kopling Motor Cepat Habis

Kode produksi ini kebanyakan terdiri dari empat digit angka, misalnya 1320. Lalu, bagaimana cara membacanya?

Kode produksi ban

Dua angka di awal merupakan minggu pembuatan ban. Artinya, ban dibuat pada minggu ke-13. Minggu ke-13 berarti bulan April minggu ke-1.

Sedangkan, dua angka di akhir merupakan tahun pembuatan ban. 20 pada angka terakhir itu mengartikan bahwa ban diproduksi tahun 2020.

   Baca Juga: Dealer Honda Jakarta-Tangerang Siap Beri Layanan Servis Tersertifikasi

"Kode produksi ban terdiri dari empat angka. Dua yang depan itu minggu pembuatan, sedangkan dua di belakang itu tahun pembuatan," jelas Haris, salah satu Pegawai Planet Ban Talang, Bogor kepada OtoRider.

Angka di ban ini bakal membantu Anda untuk tahu waktu kadaluwarsa ban. Biasanya, masa kadaluwarsa ban adalah 5 tahun. Dihitung mulai minggu dan tahun pembuatan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.