Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Buat Baru dan Perpanjangan SIM Kini Wajib Punya BPJS?

Ilustrasi SIM dan BPJS.
Selasa, 4 Juni 2024
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Ada syarat baru dalam proses pembuatan dan perpanjangan SIM di Indonesia, yang mana pemohon harus menunjukkan bukti keanggotaan BPJS Kesehatan atau JKN yang masih aktif.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kabarnya akan mulai uji coba aturan ini pada 1 Juli hingga 30 September 2024 di tujuh provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Akan dilakukan uji coba implementasi mulai tanggal 1 Juli 2024 sampai 30 September 2024, di 7 wilayah kepolisian daerah. Yaitu Polda Aceh, Polda Sumatera Barat, Polda Sumatera Selatan, Polda Metro Jaya, Polda Kalimantan Timur, Polda Bali, dan Polda Nusa Tenggara Timur,” ujar Kasi Binyan Subdit SIM DIT-Regident Korlantas Polri, AKBP Faisal Andri Pratomo dikutip dari laman Humas Polri, Selasa (4/6).

Polri pun menyediakan kanal layanan bagi masyarakat yang masih menunggak pembayaran BPJS dan ingin melunasinya. Akan ada petugas BPJS Kesehatan di seluruh Kantor Polda lokasi uji coba untuk melakukan sosialisasi.

Dari sisi pemerintah, aturan ini dipastikan tidak akan memberatkan dan membuat masyarakat menjadi repot. "Justru semakin mempercepat, mempermudah (masyarakat). Sekaligus memastikan bahwa seluruh peserta, pemohon tadi benar-benar menjadi peserta aktif. Karena prinsip dari JKN ini kan gotong-royong," papar Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Nunung Nuryartono. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Terbaru

Berita | 2 jam yang lalu

Berburu Honda PCX 160? Intip Harga Terbarunya per Juli 2024!

Berita | 2 jam yang lalu

Tes Konsumsi Bensin Honda BeAT Street 2024, Bisa Dibilang Irit?

Sport | 2 jam yang lalu

Hasil Race Utama MotoGP Jerman 2024: Bagnaia Juara, Duo Marquez Podium

Sport | 2 jam yang lalu

Alex dan Marc Marquez Buru Poin Maksimal di MotoGP Jerman 2024

Berita | 1 hari yang lalu

Tes Konsumsi Bensin Honda BeAT 2024, Seberapa Irit?
Beranda Trending Motor Listrik