Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Perlukah Pelatihan Khusus untuk Mengendarai Motor Listrik?

Jumat, 30 September 2022
Afrizal Abdul Rahman

Tren kendaraan listrik terus meroket, terbukti dari banyaknya merek serta model anyar yang dihadirkan. Saat ini, umumnya sensasi mengendarai motor listrik sedikit berbeda dengan motor bensin. Lantas, perlukah pelatihan khusus untuk mengendarai motor listrik?

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Safety Riding Jakarta Defensive Driving Consulting memberikan penjelasan lengkap. Ia mengatakan, sebaiknya ada perkenalkan soal teknologi motor listrik. Hal ini karena kendaraan konvensional dan elektrifikasi memiliki karakteristik yang berbeda. 

"Sebagai contoh torsinya berbeda, tidak menimbulkan suara. Ketika menggunakan kendaraan listrik, ketika tidak ada suara dan melakukan perjalanan panjang akan mudah terbuai dengan kondisi yang monoton," katanya saat dihubungi OtoRider.

Selain teknologi, teknik mengemudi juga harus diperhatikan. Sebagai contoh, motor matic ketika melewati jalan yang tidak biasa seperti menanjak atau menurun tentu berbeda dengan motor bertenaga lebih besar. 

"Bayangkan juga ini terjadi pada kendaraan listrik. Untuk itu, penting adanya training dari pihak pabrikan itu sendiri, atau juga lebih ke inisiatif diri sendiri untuk mempelajari kendaraan listrik," tambahnya. 

Bagi Anda yang ingin memboyong kendaraan listrik, ada beberapa teknik berkendara yang harus diperhatikan. Hal tersebut karena adanya perbedaan antara motor listrik dengan kendaraan konvensional. 

"Teknik berkendara sederhana saja sebenarnya, harus fokus ke karakter, tenaga, dan rem. Karena, sudut handling-nya berbeda dengan kendaraan konvensional," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Terbaru

Berita | 19 jam yang lalu

Mei 2024, Berikut Harga Baru Honda BeAT, Scoopy, dan Genio

Berita | 20 jam yang lalu

Ragam Pembaruan Vespa Primavera dan Sprint Edisi 2024

Berita | 20 jam yang lalu

Piaggio Indonesia Luncurkan Vespa Primavera dan Sprint Terbaru

Sport | 20 jam yang lalu

Jajal Honda RC213V Baru, Zarco Sebut Belum Banyak Perkembangan

Motor Listrik | 1 hari yang lalu

Ada Honda BeAT Hasil Konversi, Ini Cara Test Ride Motor Listrik di PEVS 2024
Beranda Trending Motor Listrik