Dipakai Touring Keliling Bali, Konsumsi BBM Honda ADV150 Irit Banget!

Dipakai Touring Keliling Bali, Konsumsi BBM Honda ADV150 Irit Banget!

Tak lama setelah peluncuran Honda ADV150 di GIIAS 2019, PT Astra Honda motor menggelar acara bertajuk World Premiere Riding Experience di Bali (8-10/8). Pada kesempatan itu, OtoRider bersama jurnalis media Nasional beserta blogger dan vlogger berkesempatan mencoba skutik baru ini lebih komprehensif lagi.

   Baca juga : World Premiere Riding Experience Honda ADV150 Dimulai

Betapa tidak, jarak yang disiapkan hampir 200 km untuk touring berkeliling Bali. Dimulai dari Hotel Harris Sunset Road, kami menuju ke arah Kintamani, lalu kembali lagi ke Simpang Siur dengan lokasi finish di Mall Bali Galleria. Namun lebih dulu melewati daerah Kerobokan, menyusuri jalan raya Denpasar-Gilimanuk dan membelok di Tabanan, menuju Jatiluwih. Rute cukup beragam, lalu lintas cukup padat dengan jalanan relatif rata, namun kemudian menghadapi daerah perbukitan dengan pemandangan indah, daerah persawahan dengan sistem Subak di Jatiluwih.

Jalanan makin berliku dan udara semakin dingin ketika masuk etape 2 touring mengarah ke Kintamani yang lebih tinggi. Honda ADV digeber dengan ritme normal, maksudnya tidak terlalu kencang, namun tidak santai-santai amat. Buka-tutup gas pun kerap dilakukan untuk mengail torsi dan tenaga menghadapi trek berliku, karena rombongan mengambil jalan yang cukup sempit. 

Etape ketiga mengambil rute Kintamani - Pantai Lebih. Rute berliku dengan turunan, jarang buka gas dan lebih mengandalkan rem. Sementara ujian performa mesin kembali dilakukan pada etape terakhir, dari Pantai Lebih menyusuri Jalan Bypass Ida Bagus Mantra. Di sana, kami bisa mengembangkan kecepatan tinggi di atas 100 km/jam. 

Dengan rute beragam dan gaya riding normal, ternyata Honda ADV150 mencatat konsumsi bahan bakar sangat irit. Unit yang kami pakai menunjukkan jarak tempuh total 195,3 km dengan konsumsi BBM rata-rata di MID (Multi Information Display) pada panel indikator sebesar 46,1 km/liter. Padahal selama riding, kami tidak selalu menerapkan econo riding, buka tutup gas sesuai kebutuhan karena mesti mengikuti ritme rombongan. Hasilnya, konsumsi BBM cukup impresif!

Honda ADV150 konsumsi BBM

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id