First Ride Video Vespa Sprint S, Tambah Sporty Desain Catchy

First Ride Video Vespa Sprint S, Tambah Sporty Desain Catchy

Dikenalkan pada 2014, Vespa Sprint hadir melengkapi jajaran skuter klasik dengan gaya yang tampil lebih sporty. Seiring waktu, berbagai penyegaran diakukan PT Piaggio Indonesia terhadap skuter dengan ciri khas lampu hexagonal ini.

Hingga 2016 lalu, mesin yang juga menjadi andalan debut Vespa modern di tanah air (mesin 3V red), diganti  dengan mesin yang lebih modern yang masih diterapkan hingga saat ini, yaitu mesin Italian Green Experience Technologi (i-get). Penyegaran terakhir dilakukan pada Kamis (4/4) lalu, kali ini spesial karena sekaigus menjadi momentum pengenalan keluarga terbaru dari Vespa Sprint, yaitu Vespa Sprint S.

Vespa Sprint S hadir dengan nuansa yang lebih sporty daripada varian standarnya. Basisnya mesin, kaki-kaki, desain masih sama persis dengan varian standarnya, namun sebagai pembeda Vespa memberikan beberapa ornamen serta aksen kecil terhadap skuter yang banyak digandrungi anak muda ini.

Baca Juga : First Ride Vespa Primavera S, Tampilan Segar Berpadu Kenyamanan (Video)

Hal pertama yang juga menjadi ciri khas pembeda dari Sprint S ini adalah pada bagian cover steering rack atau yang biasa disebut dasi. Kini kelir pada bagian lubang klakson di finishing dengan kelir merah, hal ini tentunya cocok dengan nafas Sprint S yang di jagokan sebagai varian paling sporty saat ini.

Berlanjut, masih pada bagian desain, kini bagian bod kiri kanan juga mendapat sentuhan berbeda. Bagian bodi yang terbuat dari baja ini mendapat finishing kelir terbaru, dan tak lupa penyematan grafis dengan motif garis yang memanjang dari bagian depan hingga kebelakang.

Ornamen kecil juga di sematkan di motor yang meggunakan mesin 158,8 cc ini. Sebagai pembeda, kini pada bagian kompartemen penyimpanan bagian depan, disematkan emblem ‘S’  disamping logo ‘150’. Tak hanya itu, penyematan logo S juga diterapkan pada bagian pelek dengan kelir hitam, yang masih menggunakan desain sama dengan varian standarnya.

Perbedaan yang paling ketara juga terlihat pada bagian joknya. Varian Sprint S, kini joknya tidak lagi menggunakan material kulit sintesis biasa seperti saudara standarnya, material suede dipadu dengan motif bergaris hadir untuk memperkuat kesan sporty nan premium pada motor ini.

Yang tak kalah menarik, kini Vespa juga tak mau ketinggalan untuk menyematkan berbagai fitur kekinian pada motor bergaya klasik ini. Pada bagian lampu utama, kini bohlam Halogen telah tergantikan dengan LED, baik untuk lampu low beam maupun high beam. Stoplamp juga demikian, LED disematkan baik untuk lampu malam, maupun lampu remnya. Jika dicermati, desain stoplamp pada vespa Sprint ini juga berubah, mengadopsi model yang sama dengan lampu Vespa Primavera Anniversary 50, dan Vespa Primavera Yach Club.

Baca Juga : Ducati Perkenalkan Varian Terbaru dari Scrambler

Di bagian kaki-kaki juga mendapat improvement, kini rem yang bertengger di suspensi tunggal, berjenis lengan ayun ini sudah disematkan juga teknologi ABS sebagai pelengkap peranti keamanan motor ini.

Bagaiman dengan impresi berkendaranya? Skutik yang dijual dengan harga Rp. 58 Juta untuk varian Sprint S, dan Rp. 55,5 Juta untuk varian standaranya rasanya masih sama saja. Mesin yang sudah lulus emisi euro 3 berhasil memberikan getaran yang minim ketika idle maupun berakselerasi. Tenaga halus itu disalurkan melalui transmisi CVT yang walaupun tidak mendapat ubahan, namun kami rasa putarannya juga tergolong smooth.

Bantingan suspensi pada motor ini pun sama karakternya dengan pendahulunya, konfigurasi suspensi tunggal depan belakang berhasil memberikan rasa berkendara yang agak kaku. Karakter ini berdampak baik untuk handlingnya ketika diajak selap selip di kemacetan Ibukota.

Yang patut diacungi jempol adalah penggunaan ABS pada skuter yang dapat menghantarkan tenaga maksimum hingga 12 Nm ini. Walaupun tidak terlalu pakem, namun teknlogi ini memberikan rasa pede ketika riders harus menekan handle rem secara mendadak, alhasil motor masih bisa dikendalikan tanpa adanya gejala selip.

Satu lagi, penggunaan lampu LED juga berhak di apresiasi, walaupun kami tidak mendapat kesempatan untuk mencobanya langsung ketika riding malam hari. Namun kami rasa sinaran LED ini lebih baik ketimbang halogen biasa. Good Job!

Spesifikasi Vespa Sprint S i-get ABS 2019 

Panjang : 1.863 mm
Lebar : 695 mm
Wheelbase : 1.334 mm
Tinggi Jok : 790 mm
Kapasitas Tangki : 7 liter

Mesin : i-get, 4-Tak, 154,8cc, 1 Silinder, 3 katup.
Tenaga Maksimum : 12,7 dk/7.500 rpm
Torsi Maksimum : 12 Nm/5.000 rpm
Sistem Pendingin : Udara
Transmisi : CVT
Emisi : Euro 3


Suspensi Depan : Lengan Tunggal, pegas helikal, peredam kejut tunggal
Suspensi Belakang : Peredam kejut tunggal 4 setelan
Rem Depan : Cakram 220 mm dilengkapi dengan ABS.
Rem Belakang : Teromol 140 mm
Ban Depan : Tubeless 110/70 R12
Ban Belakang : Tubeless 120/70 R 12

 

First Ride Video Vespa Sprint S, Tambah Sporty Desain Catchy
First Ride Video Vespa Sprint S, Tambah Sporty Desain Catchy
 
First Ride Video Vespa Sprint S, Tambah Sporty Desain Catchy
First Ride Video Vespa Sprint S, Tambah Sporty Desain Catchy
 
First Ride Video Vespa Sprint S, Tambah Sporty Desain Catchy
First Ride Video Vespa Sprint S, Tambah Sporty Desain Catchy
 
First Ride Video Vespa Sprint S, Tambah Sporty Desain Catchy
 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id