Ini Fakta Prestasi Nicky Hayden yang Jarang Diketahui Publik

Ini Fakta Prestasi Nicky Hayden yang Jarang Diketahui Publik
Selasa, 23 Mei 2017 10:15
Ilham Pratama

Juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden dinyatakan meninggal dunia setelah berjuang lima hari koma pasca kecelakaan pada Rabu (17/5) lalu. Ada banyak fakta dari rider asal Owensboro, Amerika Serikat yang belum diketahui banyak orang. Apa saja?

Nama lengkap Nicky Hayden adalah Nicholas Patrick Hayden. Julukan Kentucky Kid terinspirasi dari judul film Mark Neale, 'The Doctor, The Tornado and The Kentucky Kid'. Dua julukan sebelumnya telah dipakai rider legendaris, seperti The Doctor, Valentino Rossi dan Texas Tornado oleh Colin Edwards.

Pria ini lahir pada 1981 dari pasangan Earl dan Rose Hayden. Kedua orang tuanya memiliki arena dirt track di sekitar rumah mereka.

Nicky mulai mengenal dunia roda dua sejak usia tiga tahun. Dan pada lima tahun, Nicky mulai balapan bersama dua abangnya, Tommy dan Roger Lee Hayden di trek mereka.

Pada usia 16 tahun, di musim 1997, Hayden mulai karir profesionalnya dengan bertarung di ajang AMA 750 dan 600 Supersport. Hasilnya pada musim 1999, Hayden sukses mencatat rekor sebagai pemenang AMA 600 Supersport termuda sepanjang masa.

Hal ini diteruskan dengan prestasi gemilang saat naik ke AMA Superbike. Di mana Hayden merebut posisi runner up di musim 2000, lalu posisi tiga pada 2001.

Bahkan saat merebut juara pada 2002, Hayden lagi-lagi dinobatkan sebagai juara AMA Superbike termuda sepanjang masa. Di tahun yang sama, Hayden mencetak kemenangan di ajang bergengsi, Daytona 200 dan menjadi wildcard di ajang WSBK Laguna Seca.

Nicky naik ke ajang MotoGP pada 2003 dan langsung bergabung dengan Valentino Rossi di tim pabrikan, Repsol Honda.

Di musim 2006, Hayden bersaing ketat dengan Rossi dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP dan memenangkannya hanya dengan 3 kali juara seri.

Pada 2009, Hayden pindah ke Ducati hingga di musim 2014, Hayden pindah ke tim Aspar Honda hingga akhir musim 2015. Keluarnya Hayden dari MotoGP membuat ajang balap ini tak lagi diikuti oleh satu pun kontestan asal Amerika Serikat.

Pada musim balap 2016, Hayden mulai membalap bersama tim Honda WSBK. Setelah meninggalnya Hayden, ajang WSBK tak lagi memiliki peserta asal Amerika Serikat. Dan niat tunangan Jackie Marin ini untuk menjadi pembalap pertama yang mengawinkan gelar juara dunia MotoGP dan WSBK pupus selamanya. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.