Inilah Lima Fakta Menarik Sirkuit Mandalika, Dari Konsep Hingga Status Terindah di Dunia

Inilah Lima Fakta Menarik Sirkuit Mandalika, Dari Konsep Hingga Status Terindah di Dunia
Rabu, 13 Maret 2019 14:25
Hafiz Raka Wibisono

Indonesia secara resmi memastikan akan menggelar balapan MotoGP pada tahun 2021 mendatang. Nantinya ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini akan diadakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Nah, inilah lima fakta menarik tentang sirkuit yang akan dibangun pada September 2019 nanti.

1. Konsep sirkuit perkotaan

Nantinya sirkuit yang akan dibangun pada bulan September mendatang mengambil konsep sirkuit perkotaan. Sama seperti Sirkuit Monte Carlo, Monako ataupun Sirkuit Marina Bay, Singapura.

2. Panjang 4,32 km

JIka desain layout sirkuit sudah diresmikan, Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang lintasan 4,32 km, dan nantinya sirkuit ini akan terdiri dari 18 tikungan.

Baca Juga : Indonesia Sepakati Kontrak Gelar MotoGP Di Indonesia Tahun 2021, Lokasi di Mandalika, Nusa Tenggara Barat

3. Lama pembangunan 1 tahun

Presiden Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), menargetkan pembangunan memakan waktu satu tahun hingga 14 bulan karena hanya membangun jalan dan Paddock.

4. Dibangun dari Nol

Yang membedakan dengan sirkuit perkotaan lainnya, nantinya Sirkuit Mandalika akan dibangun dari nol, sehingga bukan jalanan umum yang dialihfungsikan menjadi sirkuit.

5. Menjadi Street Circuit terindah di dunia

Seperti diketahui, KEK Mandalika ini merupakan juga kawasan wisata yang baru diresmikan Presiden 2017 lalu. Nantinya kawasan wisata ini akan menjual keindahan tiga pantai, yaitu pantai Kuta, Seger dan pantai Tanjung Aan. Bisa jadi kawasan ini berstatus menjadi street circuit terindah di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.