Kupas Fitur Keyless Smart Key Yamaha Aerox155 VVA S Version

Kupas Fitur Keyless Smart Key Yamaha Aerox155 VVA S Version
Selasa, 17 Januari 2017 16:10
Ilham Pratama

Yamaha Aerox155 VVA S Version hadir sebagai skuter matik pertama di Indonesia yang mengadopsi sistem keyless berjuluk Smart Key. Sistem ini terbilang baru, karena untuk menghidupkan mesin tak lagi membutuhkan anak kunci.

Ya, alih-alih memakai kunci yang dicolok ke key assy motor, sebagai gantinya kini hanya butuh remote, yang berbentuk seperti remote alarm pada mobil. Tentu butuh pengenalan lebih lanjut nih biar tak kagok saat pemakaiannya.

"Remote ini harus berada tak lebih dari 80 cm untuk bisa memutar switch yang berfungsi layaknya anak kunci di motor," papar Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menurutnya, jika remote dibawa lebih dari 80 cm dalam kondisi mesin diam, maka switch tidak akan bisa diputar ke posisi On. Namun, jika mesin menyala, namun remotenya sudah jauh, maka saat dimatikan, mesin tak akan bisa menyala lagi.

Baca Juga: Komparasi Spek Yamaha Aerox155 VVA vs Honda Vario 150 eSP, Kupas Fitur dan Harganya

Pengguna juga bisa mematikan fungsi switch secara manual dengan menekan tombol on/off pada remote. Dalam posisi ini, motor akan aman karena semua komponen elektronik sudah mati. Dan remote tersebut juga terintegrasi dengan sistem immobilizer pada ECU. Jadi tanpa remote, motor nggak akan bisa menyala. Fitur lainnya, remote ini juga punya fungsi Answer Back yang bisa membantu untuk mencari motor di parkiran lewat sinyal suara dan lampu sein yang menyala.

Yamaha Aerox 155 VVA

Lalu, bagaimana cara menghidupkan mesinnya? Pertama, kantungi dulu remotenya. Lalu tekan dan putar switch untuk membuka kunci setang. Kini posisi kunci sudah OFF. Tekan dan putar lagi, kali ini posisi kunci di OPEN yang berfungsi untuk membuka jok dan tutup tangki bensin. Keduanya bisa dibuka dengan tombol di sisi switch kunci. O iya, posisi tutup tangki ada di tulang underbone lho, mirip tangki NMax.

Terakhir, putar lagi switch kunci pada posisi ON, kemudian tekan tombol starter dan secara senyap mesin akan menyala. Senyap, karena Aerox155 VVA sudah memakai starter jenis Smart Motor Generator (SMG).

Sebagai catatan, di negara-negara Asean, teknologi keyless sudah diterapkan di skuter matik sejak tahun lalu lewat produk Yamaha Janus di Vietnam dan Honda PCX di Thailand. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.