Mau Berkunjung ke Indonesia Motorcycle Show 2018? Inilah Panduan Ketika Ingin Kredit Motor!

Mau Berkunjung ke Indonesia Motorcycle Show 2018? Inilah Panduan Ketika Ingin Kredit Motor!
Jumat, 21 September 2018 10:30
Yulian Lahardi

Seperti diketahui bersama bahwa Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 akan segera dibuka pada tanggal 31 Oktober hingga 4 November 2018 di Senayan, Jakarta Pusat. Perhelatan tersebut akan menampilkan sejumlah kendaraan dari merek-merek papan atas, seperti Yamaha, Honda, Suzuki, dan lainnya.

Nah, bagi Anda yang sudah berniat membeli motor baru di perhelatan IMOS dengan cara kredit, ada baiknya mempertimbangkan sejumlah hal.  "Pasalnya, kalau sudah jatuh cinta dengan motor idaman, banyak konsumen yang mengabaikan kemampuan finansial untuk menopang kredit motor. Apalagi kalau sudah termakan bujuk rayu sales dengan ragam penawaran penjualan motor hingga cicilan ringan yang membuat calon pembeli tergoda," jelas Apong Arfiansyah, praktisi pemasaran dan keuangan dari PT Ahza Global Strategis (AGS) beberapa waktu lalu.

Honda Jakarta Fair

Sebagai langkah awal, dalam memutuskan kredit atau tidak, bisa dilihat dari perencanaan awal. “Apakah membeli kendaraan itu merupakan sebuah kebutuhan atau sekadar menjaga gengsi,” jelas Apong.

Baca juga: Tiga Modifikasi Motor Motif Gado-Gado Paling Memikat Di Indonesia

Lanjutnya, bahwa kendaraan memiliki resale value sehingga ketika dijual kembali maka harganya akan jatuh. Alhasil, membeli sebuah barang, tentunya harus mempertimbangkan apakah menjadi skala prioritas kebutuhan atau enggak karena Anda akan terus mengeluarkan biaya tiap bulannya untuk menyicil barang yang sebenarnya harga jualnya justru menurun.

Selanjutnya, perhatikan kemampuan Anda dalam menyiapkan Down Payment (DP) karena akan mempengaruhi pokok hutang yang berimbas pada nilai cicilan tiap bulannya. "Artinya, semakin besar kemampuan membayar DP maka pokok hutang akan berkurang dan cicilan akan semakin ringan. Tetapi itu juga tergantung dari tenor atau masa pinjaman yang dipilih. Semakin lama tenor maka bunga yang dikenakan juga semakin tinggi,” bilang Apong lagi.

Baca juga: Indonesia Motorcycle Show 2018 Siap Dibuka, Inilah Pertimbangan Sebelum Membeli Motor Baru

Berminat membeli motor baru dengan cara kredit?

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.