Menyedihkan, Motor Legendaris Tercepat Di Dunia Ini Akhirnya Tutup Usia

Menyedihkan, Motor Legendaris Tercepat Di Dunia Ini Akhirnya Tutup Usia
Senin, 10 Desember 2018 14:30
Angga M

Motor legendaris sekallgus moge prestise, Suzuki Hayabusa akhirnya tutup usia setelah 20 tahun dipasarkan di berbagai belahan dunia. Hayabusa dalam sejarahnya juga sempat menjadi motor tercepat di dunia pada zamannya.

Dilansir dari Youngmachine.com, produksi Suzuki Hayabusa terpaksa dihentikan karena mesinnya saat ini tidak masuk standardisasi emisi gas buang Euro-4. Di Amerika Serikat, Suzuki Motorcyle diberi waktu 2 tahun untuk menghabiskan stok. Sedangkan di Eropa masih boleh menjual sampai akhir 2018, meski proses produksinya di Jepang sudah dihentikan.

Melihat sejarahnya, Suzuki Hayabusa diproduksi pada tahun 1998, lalu setahun kemudian memiliki kode GSX-R1300 yang berhasil memecahkan rekor sepeda motor produksi massal tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 310 km/jam.

Suzuki Hayabusa menggunakan mesin berkapasitas 1.340 cc, 4 silinder, DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 195,7 dk dan torsi 154 Nm, serta mempunyai bobot yang ringan 220-266 kg, dan menggunakan jenis rangka twin-spar serta pelek aluminium.

Baca juga: Hot News: Honda Resmi Tampilkan CBR650R Baru!

Kemudian di bagian kaki-kaki depan Suzuki Hayabusa menggunakan suspensi upside-down dengan ban berukuran 120/70 R17 yang sudah mengadopsi dual disc brake ABS. Sementara di bagian belakang menggunakan suspensi monoshock link type serta ban 190/50 R17 single disc brake.

Menurut kabar, Suzuki Jepang akan menproduksi kembali motor sport legendaris itu tapi belum tahu kapan. Pun begitu berdasarkan prediksi dari Youngmachine.com, Suzuki Hayabusa akan hadir dengan lampu full LED yang menarik serta fairing aerodinamis dan sudah lengkap dengan winglet seperti motor balap yang ada di gelaran MotoGP.

Suzuki Hayabusa

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.