Modifikasi Hedon Vespa Sprint, Project '947', Galeri Foto dan Video

Modifikasi Hedon Vespa Sprint, Project '947', Galeri Foto dan Video
Jumat, 19 April 2019 10:25
Catur Dharma

Bagi pecinta modifikasi, mengubah bentuk awal motor sehingga tampil beda dan menarik sepertinya kerap menjadi tujuan utama. Tak ubahnya niat Alexander, ayah dua anak ini merombak Vespa Sprint 2014 guna dipersembahkan ke anak kesayangan. Tak tanggung-tanggung project ini dinamai 'Vespa 947', maksudnya menyerupai Vespa 946 tapi dengan ubahan lebih hedon lagi!

“Saya kasih nama motor ini 947, plesetannya dari Vespa 946 karena untuk konsep saya terinpirasi dari Vespa 946. Jadi saya bikin menyerupai aja untuk saya kasih ke anak saya,” ujar Alex sapaan akrabnya.

Menyerupai 946, ubahan dilakukan pada bodi. Bagian samping (tepong) terlihat berbeda dengan Vespa Sprint pada umumnya. Apabila Vespa Sprint memiliki karakter tepong yang tertutup tanpa ada lubang udara, maka 'Vespa 947' ini dibuat kontur lubang pada bagian depan dan belakang tepong guna menyerupai Vespa 946.

Lubang kisi-kisi tersebut tak hanya terdapat pada bagian bodi samping, spatbor depan juga turut dilubangi seperti serupa airflow. Selain dibuat guna tampak serasi dengan bodi, airflow tersebut juga berguna untuk mengalirkan udara agar disc dan kaliper tidak mudah panas. Bisa jadi ide baru nih!

Pengerjaan bodyworks belum selesai, stoplamp yang tadinya berbentuk oval serta menonjol keluar, diganti menggunakan lampu orisinal 946 yang berbentuk bulat dan tertanam di dalam bodi. Lampu sein juga turut diganti dengan menggunakan sein BMW E40 pada bagian depan dan belakang E60. Nah pemasangan lampu yang berbeda bentuk tersebut pastinya tidak plug and play (PNP), melainkan bodyworks agar stoplamp serta sein dapat terpasang.

“Untuk lampu sein tadinya mau pakai 946 juga, tapi karena susah dapetnya, akhirnya pakai sein BMW E40, sama belakang E60 yang lebih kecil,” tambah Alex.

Ingin terlihat lebih sporty, bagian stang juga turut ditekuk agar tampilan lebih sangar. Pada bagian handle serta handgrip ikut diganti menggunakan Zelioni, posisi spion juga diubah dengan menggunakan bar end Rizoma. Eits, agar cahaya lebih terang, bagian headlamp kini menggunakan projector racikan Dream Light.

Posisi stang yang menekuk, otomatis gaya berkendara menjadi bungkuk, maka dari itu  jok juga diubah menggunakan single seater original Vespa agar posisi riding tetap nyaman. Ditambah terdapat footstep Buzzetti yang berguna untuk mengubah posisi riding agar kaki dapat ke belakang, bisa juga digunakan untuk penumpang.

Belum puas pada bagian bodi, untuk sektor kaki-kaki juga enggak mau ketinggalan hedon. Pelek depan dan belakang menggunakan Marus dengan dibalut ban Mitas MC29 Sporty 120-17/12 pada bagian depan dan belakang 130-17/12.

Sistem pengereman, juga enggak kalah spesial. Pasalnya sistem pengereman belakang di upgrade menggunakan disc brake ditambah dengan kaliper Brembo dan selang rem Hel. Untuk bagian depan, kaliper juga turut diganti dengan merk yang serupa dengan rem belakang.

Pada bagian suspensi, sokbreker diganti dengan menggunakan Ohlins pada bagian depan dan belakang. Tampil dengan gaya sporty belum afdol apabila bagian gas buang tidak turut diganti, pada motor 947 ini menggunakan brand knalpot racing ternama, Akrapovic.

Terakhir, karena aliran motor sudah lebih sporty, bagian mesin juga tidak ketinggalan untuk di upgrade. Pasalnya, Vespa dengan bekal mesin 154,8cc kini di bore up menjadi 183 cc menggunakan bore up kit Malossi.

Selain tampil dengan desain yang maksimal, untuk tarikan juga dirasa lebih menjambak dibanding Vespa Sprint pada umumnya. Pasalnya ketika kami mendapat kesempatan untuk menjajal motor ini, Vespa 947 dalam berakselerasi 0-90 km/h waktu yang tercatat yaitu 6,9 detik dengan menggunakan Racelogic Performance Box. Not bad!

Wah ternyata konsep Vespa Sprint 947 ini sudah matang luar dalam, ya. Salut!.

 

Data Modifikasi :

Bodyworks      :    23 Motorworks

Bodypaint      :    RAW Racing Division

Headlamp       :    Dreamlight

Handle Rem     :    Zelioni

Handgrip       :    Zelioni

Spion          :    Rizoma

Sein Depan     :    BMW E40

Sein Belakang  :    BMW E60

Footstep       :    Buzzetti

Sadel          :    Single seater original Piaggio

Stoplamp       :    Vespa 946

Sein Belakang  :    BMW E60

Pelek depan & belakang   :    Marus

Kaliper depan & belakang :    Brembo

Selang Rem Belakang      :    Hel

Knalpot        :    Akrapovic

Bore Up Kit    :    Malossi 183 cc

 

 

 

 

Galleri foto Modifikasi Hedon Vespa Sprint, Project '947', Galeri Foto dan Video Galleri foto Modifikasi Hedon Vespa Sprint, Project '947', Galeri Foto dan Video Galleri foto Modifikasi Hedon Vespa Sprint, Project '947', Galeri Foto dan Video Galleri foto Modifikasi Hedon Vespa Sprint, Project '947', Galeri Foto dan Video Galleri foto Modifikasi Hedon Vespa Sprint, Project '947', Galeri Foto dan Video Galleri foto Modifikasi Hedon Vespa Sprint, Project '947', Galeri Foto dan Video Galleri foto Modifikasi Hedon Vespa Sprint, Project '947', Galeri Foto dan Video Galleri foto Modifikasi Hedon Vespa Sprint, Project '947', Galeri Foto dan Video
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.