Peugeot Speedfight 125 Test Ride, Layak Untuk Dikoleksi?

Peugeot Speedfight 125 Test Ride, Layak Untuk Dikoleksi?

Bukan skutik mainstream. Yap, itulah Peugeot Speedfight di mata kami. Kenapa? Pertama karena desainnya out of the box, tidak mirip dengan skutik yang ada di pasaran lokal. Lalu harganya, Rp 39 juta terhitung sangat tinggi untuk sebuah skutik 125 cc. 

Bisa saja kemudian kita membandingkan dengan skuter matic sejenis dari kapasitas mesinnya. Namun, mungkin begitu disandingkan bisa tampak perbedaan mencolok. Misal paling kentara lampu depannya. Ya, pancaran sinar lampu Speedfight ini memang luar biasa. Bukan melebihkan, tapi memang belum kami temukan sinar seperti ini pada skutik atau motor yang ada di pasar lokal, bahkan yang sudah pakai LED sekalipun. Buat riding malam, lampu luar biasa terang. Jalanan terpantau sempurna, padahal dimensi motor terbilang kecil. Dilihat dari depan pun, lampu skutik ini tampak terang banget, nyalanya putih dengan sinar biru. Jangankan malam, sinar biru ini bahkan tampak saat siang hari. Selain lampu depan, di samping spatbor depan juga ada mata kucing. Ini nih standar safety Eropa, ada materi reflektif di samping motor agar terlihat dari samping.

Sementara itu, berkendara skutik ini memang terasa kecilnya. Lincah banget! Posisi duduknya tegak, sehingga sigap buat bermanuver. Untungnya, jok tidak terlalu sempit. Cukup lebarlah, meski nggak empuk banget, tapi cukup baik menyangga pantat dan bikin betah berlama-lama riding. Dari BSD menuju Kebon Jeruk, tak terasa pegal, tuh. Karena dimensinya yang imut, posisi kaki pun tak banyak pilihan. Tapi cukup baik buat menampung telapak kaki. Setangnya memang tidak terlalu tinggi, sebenarnya cukup pas kalau postur Anda sekitar 170 cm. Namun kalau tinggi Anda lebih dari 180 cm, dengkul suka mentok setang kalau belok patah.

  Baca Juga : Peugeot Speedfight Terlihat Prestise, Cicilan Cuma Rp 1,3 juta

Tarikan Speedfight rasanya cukup baik di putaran bawah dan menengah. Namun memang skutik ini perlu rpm agak tinggi sejak pelintir gas dari stasioner agar motor jalan. Namun jangan harap tarikan luarbiasa enak. Kami ukur dengan racelogic performance box, akselerasi sampai 60 km/jam dalam 8,7 detik. Namun di atas itu responnya mulai melambat. Bahkan sampai kami tidak sampai 100 km/jam karena trek keburu habis. Sedangkan buat salip-salip, akselerasi menengah cukup baik. Menyalip kendaraan dari 40 menuju 60 km/jam dalam 4,4 detik. Sementara itu, konsumsi bahan bakar kami catat sekitar 43 km/liter dengan bensin beroktan 95.

Buat pengereman, responnya baik. Pengereman dengan ban berdiameter kecil memang tidak seenak kalau ban besar. Namun fitur SBC atau Synchro Braking Concept Peugeot membuat kedua rem bekerja hanya dengan menarik rem belakang. Kira-kira mirip dengan combi brake di Honda. Memang belum ada ABS pada skutik ini, tapi ban lebarnya cukup baik menunjang respon pengereman. 

Asyiknya Speedfight ini, pengendalian memang sangat lincah. Dengan dimensi imut dan bobot ringan, motor terasa enteng banget. Uniknya, ukuran kedua ban depan dan belakang 130 mm yang sama lebar memberi feeling stabil yang baik saat membelok. Geometri kemudi pun memberi feeling kuat baik buat meliuk di kemacetan maupun kompromi menikung di kecepatan menengah dan tinggi. Motor tak terlalu terasa melayang. 

  Baca Juga : Daftar Harga Peugeot Scooter Di Bulan Januari 2019 Untuk Wilayah DKI Jakarta & Sekitarnya

Nah, yang agak repot kalau ketemu speed trap atau lubang yang agak dalam. Mungkin karena diameter roda kecil, permukaan jalan terasa banget. Meski demikian, suspensi cukup mantap memeluk jalan pada kontur permukaan jalan rata. Posisi motor juga cukup tinggi dan tidak mudah mentok polisi tidur. 

Bagaimana menurut Anda? Layakkah Speedfight ini menambah salah satu koleksi Anda di rumah?
 

 

Hasil Tes Peugeot Speedfight 125

0-60 km/jam : 8,7 detik

0-80 km/jam : 16,6 detik

40-60 km/jam : 4,4 detik

Konsumsi BBM 43,6 km/liter

 

Data Spesifikasi Peugeot Speedfight 125:

P X L X T:  1.895 mm x 700 mm x 1.120 mm 

Jarak Sumbu Roda:  1.290 mm

Berat Isi:  113 kg

Kapasitas Tanki Bensin:  7,4 L

Mesin: 4-Tak, 1 Silinder, berpendingin cairan

Diameter x Langkah:  52,4 x 57,8 mm 

Perbandingan Kompresi:  10,6 :1

Volume Silinder:  125 cc 

Daya Maksimum:  11 dk/7.400 rpm

Torsi Maksimum:  10,8 Nm/5.600 rpm

Sistem Bahan Bakar:  Fuel Injection

Transmisi : CVT


Suspensi Depan : Teleskopik 

Suspensi Belakang : Monoshock

Ban Depan: 130/60R13 

Ban Belakang: 130/60R13 

Rem Depan: Single Disc Brake 215 mm

Rem Belakang:  Single Disc Brake 196 mm

 


 

Peugeot Speedfight 125 Test Ride, Layak Untuk Dikoleksi?
Peugeot Speedfight 125 Test Ride, Layak Untuk Dikoleksi?
 
Peugeot Speedfight 125 Test Ride, Layak Untuk Dikoleksi?
Peugeot Speedfight 125 Test Ride, Layak Untuk Dikoleksi?
 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id