SIM C Khusus Moge Akan Diberlakukan Tahun Depan

SIM C Khusus Moge Akan Diberlakukan Tahun Depan
Jumat, 4 Desember 2015 17:15
Ilham Pratama

Dengan bobot dan tenaga yang berbeda dari motor harian bermesin 250 cc ke bawah, mengendarai motor besar, atau moge (motor gede) tentu membutuhkan skill yang lebih mumpuni. Sayangnya, tak jarang pengguna moge di Indonesia masih dalam tahap 'belajar' atau naik kelas dari motor kecil. Bukan tak mungkin berujung celaka.

Padahal, dengan maraknya pasar, saat ini banyak juga pabrikan motor yang berlomba memasarkan moge mereka di Indonesia. Hasilnya, makin banyak moge berseliweran di jalanan, tanpa ada regulasi mengenai penggunanya kecuali syarat memiliki SIM C seperti pengguna motor pada umumnya.

Nah, mulai tahun depan Polri menyatakan akan memisah SIM C khusus motor menjadi tiga kategori. Yakni SIM C, C1 dan C2. Dirangkum dari berbagai sumber, SIM C nantinya hanya bisa dipakai oleh pengendara motor bermesin di bawah 250 cc. Lalu SIM C1 diberlakukan untuk pengguna motor 250-500 cc. Dan yang terakhir, SIM C2 akan berlaku bagi pengguna big bike di atas 500 cc.

Regulasi ini tengah digodok, namun kemungkinan peraturannya tak berbeda dari SIM mobil yang telah dipisah berdasarkan besaran kendaraan. Yakni SIM A dan SIM B.

Oiya, selain Indonesia, sebelumnya negara-negara maju  juga sudah memiliki adanya regulasi pemisahan kategori pada SIM motor berdasarkan kapasitas mesin. Misalnya di Inggris, SIM motor dikelompokkan menjadi beberapa kategori, mulai dari AM (motor kecil dengan kecepatan di bawah 45 km/jam), Q (mirip dengan AM), A1 (motor kecil di bawah 14,75 dk), A2 (motor kecil di bawah 46,9 dk), dan A (semua motor, pemilik harus berusia minimal 24 tahun). Bagaimana aplikasinya di tanah air nanti? Kita tunggu saja.  (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.