Tips Aman Hindari Rembesan Pada Jahitan Jok Modifikasi

Tips Aman Hindari Rembesan Pada Jahitan Jok Modifikasi

Modifikasi jok atau seat pada sepeda motor kerap dilakukan para pecinta roda dua. Memodifikasi jok dianggap dapat meningkatkan kenyamanan dalam berkendara dan juga penampilan motor itu sendiri. Beberapa penyedia produk dan jasa jok motor pun dapat memberikan kombinasi warna, sehingga pemiliknya bisa memodifikasi sesuai selera yang diinginkan.

Biasanya, untuk memadukan dua warna berbeda pada jok sepeda motor membutuhkan jahitan. Ternyata jahitan pada jok motor justru berrpotensi menimbulkan masalah baru. Jahitan benang untuk menyatukan dua warna akan mengakibatkan jok motor menjadi rentan akan kemasukan air.

Baca Juga: Produk Baru MBtech Giorgio Hadir Dengan 40 Pilihan Warna

Air akan dengan mudah masuk ke busa jok lewat benang atau lewat lubang tusukan jahitan pada kulit jok. Hal ini tentunya membuat jok menjadi bau dan dapat membasahi celana si pengendaran motor. "Itu jahitan memang rembes, jadi modifikasi jok motor kalau dijahit akan rembes," ujar Digital Creative Division Manager MBtech, Edi Pamungkas kepada OtoRider.

MBtech Giorgio

Edi menyarankan, pemilik motor harus memastikan pada seat maker untuk melapisi bahan plastik pada jahitan. "Sekarang pembuat jok sudah pintar bisa dikasih jahit plastik atau sealer. Sudah ada beberapa yang bisa, dijahit dulu baru dikasih plastiknya," jelas Edi.

Baca Juga: Yamaha Indonesia Bikin Jok Eksklusif Yamaha XMax

Selain itu, saat ini terdapat juga teknik emboss yang dapat mengganti fungsi jahitan. Emboss membuat jok memiliki pola tertentu yang membuat jok seperti dijahit. "Sekarang lagi tren juga di-emboss, jadi dipress tetap ada pola tanpa dijahit. Bisa dibilang ini pengganti jahitan dan tidak bocor. Emboss ini nggak merusak kulit," pungkasnya.

Namun, emboss tetap tidak dapat mengganti fungsi jahitan yang memadukan dua warna jok kulit. Jahitan tetap diperlukan ketika dua warna jok kulit yang berbeda untuk disatukan. Nah, tinggal aplikasi tips di atas, semoga tetap aman dari rembesan.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id