Tujuh Trik Memilih Helm Yang Aman dan Nyaman Ala RSV Helmet

Tujuh Trik Memilih Helm Yang Aman dan Nyaman Ala RSV Helmet

Untuk pengendara sepeda motor, helm merupakan sebuah perlengkapan yang penting. Fungsi utama tentu sebagai pelindung kepala dari benturan. Namun, helm juga bisa memaksimalkan penampilan bagi yang menggunakannya agar tetap tampil keren saat berkendara.

Nah, agar nyaman menggunakan peranti keamanan ini, ada baiknya memilih dengan teliti sebelum membelinya. Simak tujuh tips memilih helm seperti dituturkan Richard Ryan, Executive Director RSV Helmet.

1. Pastikan memilih helm sesusai dengan ukuran kepala, tidak terlalu sempit atau longgar. Bila ukuran helm terlalu sempit maka kepala akan sakit dan jadi tidak nyaman saat digunakan. Hindari helm yang terlalu besar ukurannya. Karena jika tertiup angin, helm akan bergerak. Akan berbahaya karena bisa berpotensi terlepas jika terjadi benturan.

2. Pilihlah helm yang mempunyai bahan shell atau batok keras. Bahan batok keras sangat penting untuk perlindungan terhadap benturan.

3. Cari helm yang melindungi seluruh bagian tempurung kepala, sebaiknya menggunakan helm full face karena sangat penting bisa melindungi kepala saat berkendara.

Baca Juga : Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video

4. Bagian dalam berbahan lembut jadi pertimbangan berikutnya. Soalnya mempunyai kemampuan maksimal dalam menyerap keringat. Bahan yang lembut menjadikan helm lebih nyaman jika digunakan dalam waktu yang lama dan mudah untuk dicuci.

5. Helm yang baik mempunyai lapisan pengamanan dalam yang tebal. Mengimbangi bagian luar helm yang keras, bagian dalam yang tebal bisa meredam benturan keras.

Baca Juga : Catatan Semester I 2019, Perang Program Penjualan Memanas

6. Tali pengikat harus kuat, jika terkena benturan helm tidak mudah terlepas.

7. Terakhir, harus memenuhi standar uji yang sudah ditentukan. Helm yang sudah memenuhi standar keamanan berarti sudah melewati proses pengetesan, sehingga aman untuk digunakan.

“Masih banyak orang yang belum mengetahui pentingnya berkendara menggunakan helm. Harus diakui kebanyakan orang hanya menggunakan helm agar terhindar saat diperiksa polisi, dan itu merupakan suatu kesalahan. Helm digunakan agar kita berkendara aman disaat terjadinya benturan,” wanti Richard. Setuju?

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id