BMW akan hadirkan Frame Carbon Fiber

BMW akan hadirkan Frame Carbon Fiber
Jumat, 14 Agustus 2015 18:10
Ricky Rachmadi

Teknologi carbon fiber selalu jadi titik puncak dari struktur kendaraan. Aplikasi material ini biasanya terbatas pada ranah balap. Namun BMW sudah terbukti sukses menerapkannya pada kendaraan produksi massal, tepatnya pada jajaran mobilnya. Pembuat mobil asal Jerman memang mempunyai pengalaman tersendiri di bidang carbon fiber dalam skala produksi yang besar.

Terbukti mampu membuat struktur cabon fiber dengan murah dan cepat, nampaknya BMW akan menggunakan basis carbon fiber pada sasis produk roda dua-nya mendatang. Sejauh ini, ada dua konsep sasis carbon fiber telah dikeluarkan oleh Bayerisch Motoren Werke. Berbagai kelebihan pun ditawarkan. Sasis carbon fiber ini memiliki bobot 40% lebih ringan dibanding sasis berbahan besi. Tidak hanya ringan, tapi juga kokoh. Pembuatan strukturnya yang rumit dan material unik membuatnya lebih tahan banting ketimbang logam.

Nah, dari dua model sasis yang dibuat BMW, tipe pertama race-style yang akan terlihat seperti rangka Superbike S1000RR. Sedangkan satu lagi merupakan model pintar yang mudah dimodifikasi untuk beberapa jenis motor besar seperti R-Series yang menggunakan mesin Boxer.

Beam Frame
Model sasis ini layaknya model konvensional, namun terdisi dari delapan bagian carbon fiber yang nantinya akan menopang swing arm, suspensi belakang, dan ruang mesin yang cukup besar.

Trellis Frame
Sasis beam diperuntukan untuk superbike dan motor bertubuh eksotis yang lebih mahal. Sementara itu, sasis bisa dibuat lebih murah dan dapat disesuaikan dengan model mendatang.

Guna lebih menekan biaya produksi, sasis ini dipadu juga dengan material lain seperti besi dan plastik untuk konstruksinya. Kalau BMW kini telah membuat mobil i8, i3, dan seri 7 terbaru yang telah menggunakan carbon fiber pada rangka utamanya, sasis pada roda dua ini terlihat menjanjikan. Kita tunggu saja. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.