Faster Sons, Motor Custom Inilah Cikal Bakal Yamaha XSR700

Faster Sons, Motor Custom Inilah Cikal Bakal Yamaha XSR700
Kamis, 23 Juli 2015 20:30
Okky Zulham Hadi

Yamaha XSR700 merupakan jagoan terbaru yang baru saja diperkenalkan oleh Yamaha Eropa. Motor retro ini ternyata merupakan sebuah lanjutan dari project Faster Sons yang pernah ditampilkan oleh Shinya Kimura dengan basis Yamaha MT-07.

Faster Sons merupakan sebuah karya seorang custom builder asal Jepang, Shinya Kimura. Builder kondang ini sudah lama berkecimpung di dunia modifikasi motor sejak era 90an. Namanya melambung setelah mendirikan Zero Engineering dengan gaya Samurai Choppers Zero Style yang legendaris. Pada 2006, Shinya kemudian hijrah ke California dan mendirikan Chabott Engineering yang hanya membangun tiga sampai empat custom bike per tahun.

Shinya adalah sosok builder aneh, nyentrik yang bekerja dengan caranya sendiri dan tidak mengikuti trend. Tidak hanya membangun motor custom, tetapi menciptakan seni fungsional dengan menanamkan filosofi dan nilai-nilai estetika Jepang dalam desain uniknya.

Salah satu karya terbaiknya dijuluki Faster Sons. Dibangun dari basis Yamaha MT-07 namun dengan tidak merusak fungsi dasarnyanya. Motor tetap mampu dikendarai dengan cepat, berhenti dengan baik termasuk stabil saat bermanuver di tikungan.

Faster Sons sendiri muncul di acara Festival Wheels & Waves di Perancis beberapa waktu lalu dan mendapat sambutan meriah dari audiens. Bahkan Shinya membawanya ke acara to Punk’s Peak, balapan yang melintasi pegunungan.

“Menghormati desain lama dan melakukan asimilasi lalu menciptakan sesuatu yang baru. Bukan hanya mereplika desain lama cuma karena terlihat keren,” sebut Shinya.

Nah, konsep Faster Sons inilah yang membuat Shun Miyazawa, Yamaha Motor Europe Product Manager kepincut. Akhirnya, Yamaha menyerahkan proyek XSR700 pada Shinya. 

Seperti apa awal konsep XSR700 yang diturunkan dari Faster Sons? Simak videonya berikut ini. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.