Honda Pelopori Usaha Pelestarian Batik Pesisir Jakarta

Honda Pelopori Usaha Pelestarian Batik Pesisir Jakarta
Selasa, 6 Oktober 2015 19:35
Jeffry Yanto S.

Usaha pelestarian batik dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) bersama 200 orang yang dinamakan sahabat 'satu hati' dari para siswa dan guru sekolah binaan AHM. Kegiatan tahunan ini bertajuk "Sahabat Satu Hati Membatik" dan dihelat dalam rangka menyambut hari Batik Nasional 2 Oktober lalu. Sebab, batik pesisir Jakarta Utara ini memiliki keunikan tersendiri dan harus dilestarikan sebagai nilai budaya.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menekankan bahwa batik pesisir khas Jakarta Utara punya keunikan dan keindahan tersendiri, sehingga perlu terus dilestarikan sebagai aset budaya bangsa selain batik lainnya yang telah dikenal luas seperti batik Solo maupun Yogyakarta.

“Batik adalah kebudayaan Indonesia. Kami ingin Sahabat Satu Hati yang mayoritas generasi muda juga memiliki komitmen untuk ikut menjaga dan melestarikannya. Melestarikan batik akan semakin mempertegas karakter khas Indonesia yang membedakannya dengan negara lain,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, para Sahabat Satu Hati belajar membuat kreasi pola batik khas pesisir. Menggunakan canting sebagai alat pembatik hingga mempelajari penggunaan bahan lilin untuk batik.  Pada akhir acara, para peserta mempresentasikan makna motif batik yang dibuat kepada AHM. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.