First Ride Yamaha Xabre, Handling Lincah

First Ride Yamaha Xabre, Handling Lincah
Kamis, 4 Februari 2016 09:30
Okky Zulham Hadi

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi merilis produk terbarunya yakni Xabre di Bali (26/1). Berselang empat hari kemudian, pabrikan belambang garputala tersebut memboyong naked bike 150 cc tersebut ke Sentul International Karting Circuit, Sentul Jawa Barat (1/2) untuk sesi uji coba. Meski lokasi test ride sempat diguyur hujan, kami tak ingin berlama-lama memandangi sosok Xabre.  

Kesan pertama saat memandang sosok Xabre adalah penampilannya yang futuristik bahkan bisa dibilang nyentrik. Mengusung model naked street fighter, Xabre tampak gagah namun simpel. Dengan desain bodi yang meruncing dipadukan dengan shroud serta ekor yang pendek, makin membuatnya berbeda dengan motor sport yang ada di pasaran. Terlebih dengan lampu depan two pieces yang memiliki desain tipis serta berteknologi LED.

Tidak hanya itu, Yamaha juga membekali Xabre dengan suspensi depan model upside-down dengan inner tube berdiameter 37 mm. Inilah yang menjadi senjata Xabre untuk bertarung di kelas motor sport 150 cc.

Meskipun tampak jangkung namun saat duduk diatas jok, kaki pengendara yang memiliki postur 175 cm mampu menapak sempurna di aspal. Yang cukup unik adalah posisi berkendaranya yang cukup tegak, mirip gaya berkendara supermoto. Ini dikarenakan setang baplang 792 mm dengan ujung lurus dan footstep mundur.

Saat kunci kontak diputar ke posisi ON, mata langsung disuguhi digital instrument cluster type negative MID (Multi Information Display) yang memiliki tiga tingkat kecerahan. Ada hal unik lain, starter elektrik Xabre tidak seperti yang terdapat pada motor sport lainnya. Untuk menyalakan mesin, pengendara tidak menekan tombol, melainkan menggeser saklar ke posisi bawah. Soalnya, kenop starter elektrik pada Xabre menyatu dengan engine stop dalam satu saklar.

Sebelum masuk sighting lap di sirkuit, Yamaha sudah menyiapkan sedikit rintangan zig-zag di antara cone untuk mencoba kelincahannya. Motor cukup nurut diajak meliuk-liuk melewati rintangan tersebut, begitu pun saat melewati tikungan di dalam sirkuit. Hal ini berkat sasis Deltabox serta swing arm die-cast alumunium dipadukan dengan ban bertapak lebar membuatnya gesit.

Bicara tenaga, sepertinya tidak ada yang spesial dari motor yang diluncurkan oleh Valentino Rossi ini. Yamaha Xabre dibekali mesin yang serupa dengan Yamaha YZF-R15, putaran tenaga di rpm awal dan tengah cukup untuk menaklukan tikungan-tikungan di sirkuit. Tampaknya begitupun ketika motor ini diajak berkendara di jalanan perkotaan.

Dibanderol hampir Rp 30 juta, Yamaha Xabre lebih mahal dibandingkan motor sekelasnya. Namun Xabre dapat menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang ingin tampil beda dengan motor 150 cc. Terlebih dengan desain yang unik dan futuristik serta peredam kejut depan model upside-down, menjadikannya layak untuk diperhitungkan. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.