Ini Spesifikasi Detail Honda CBR250RR, Pakai Fitur Supersport dan MotoGP!

Ini Spesifikasi Detail Honda CBR250RR, Pakai Fitur Supersport dan MotoGP!
Selasa, 26 Juli 2016 07:15
Ilham Pratama

Penasaran akan produk baru PT Astra Honda Motor (AHM), Honda CBR250RR? Sabar, kami punya spesifikasi detail motor sport fairing ini.

Oleh pihak Honda, CBR250RR dikembangkan berdasarkan filosofi dasar Honda dalam mendesain motor supersports  yaitu untuk menghadirkan rasa senang saat berkendara.

Ini yang disebut sebagai “Total Control," konsep kunci dalam mengembangkan All New Honda CBR250RR.

Desain

Dari sisi desain, tampilannya yang menarik dan aspek fungsionalnya mampu menghadirkan kesenangan dalam berkendara bahkan sebelum motor ini dikendarai.  Inilah yang disebut tema desain “Speed Shape”.

Garis tajam terlihat dimulai dari sisi bawah, bagian depan merunduk hingga buritan belakang meruncing sehingga menghadirkan siluet posisi berkendara yang agresif dan proporsi besar di bagian depan menghadirkan tampilan garang.

Konfigurasi part baru diadopsi untuk mewujudkan konsep original Honda “layered cowl”, untuk mengoptimalkan aliran udara saat berkendara yang membantu proses pendinginan mesin dan juga berkontribusi pada pengendalian yang optimal.

Kemudahan bermanuver dengan memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan bobot pengendara, jok pengendara di bagian depan diperkecil. Karakter proporsional dari motor  ini dicapai dari power unit layout yang compact dan truss frame terbaru yang terlihat semakin gagah.

Sasis

Desain frame terbaru dengan struktur pipa baja menjamin kekuatan dan kelenturan. Frame ini turut mendukung output yang dihasilkan dan menghadirkan stabilitas sempurna dan pengendalian optimal bagi pengendara.

Lengan ayun tipe gull-arm terbuat dari alumunium melalui proses Gravity Dies Casting (GDC) menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat grafitasi namun tetap mengoptimalkan sudut kemiringan saat bermanuver. Lengan ayun dihubungkan dengan main frame menggunakan suspensi Pro-Link.

Suspensi depan upside down berukuran 37mm dari Showa telah dipilih untuk mengurangi bobot unsprung dan menghadirkan cengkraman sempurna.

Adopsi LED di semua sistem pencahayaan dan aplikasi velg dengan 7-spoke yang di desain secara eksklusif, secara keseluruhan menghasilkan pemusatan bobot yang ideal sehingga tercipta manuver sempurna All New Honda CBR250RR.

Mesin

Mesin baru DOHC 4-valve twin-cylinder yang compact merupakan dasar yang penting untuk menghadirkan model ini.

Untuk membuat mesin yang sangat compact, banyak teknologi yang diterapkan seperti meletakkan primary driver gears ke dalam  cam chain, oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di RC213V.  Lebar mesin baru 2-silinder ini hampir sama dengan mesin 1-silinder di kapasitas yang sama, berkat teknologi yang diterapkan di mesin baru ini.

Bagian penting lain di layout power unit yaitu Downdraft air intake.  Air cleaner dipindahkan dari posisi biasa di belakang silinder menjadi di atas silinder, resistensi asupan udara telah berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan.  Hal ini memberikan kontribusi karakter tenaga dikombinasikan dengan desain mesin yang compact, mampu mengoptimalkan penyebaran bobot. Jok pengendara yang diperkecil juga memberikan kebebasan maksimal saat melakukan pengendalian.

Electrical dan Control systems

Untuk menghadirkan pengendalian optimal bagi pengendara, telah diimplementasikan teknologi terkini yakni throttle-by-wire atau yang dikenal sebagai TBW.  CBR250RR merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW.  Model ini menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.

Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU.  Sistem ini juga diaplikasikan di RC213V.

Untuk memaksimalkan fungsi dari TBW dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan. Mulai berkendara secara agresif di jalan pegunungan hingga berpetualang di perkotaan dengan berboncengan.

CBR250RR tersedia dengan 2 tipe yakni STD (standar) dan ABS dengan pilihan warna Honda Racing Red, Anchor Graymetallic dan Mat Gunpowder Black Metallic.  Model ini akan diterima konsumen di penghujung tahun 2016 yang sudah mulai dapat dipesan di jaringan Wing Dealer Honda yang tersebar di seluruh Indonesia.


Data Spesifikasi All New Honda CBR250RR :

Panjang x Lebar x Tinggi : 2.060 x 724 x 1.098 mm

Wheelbase : 1.389 mm

Ground Clearance : 145 mm

Tinggi jok : 790 mm

Kapasitas tangki : 14,5 mm

 

Mesin : 4-Tak, 8 Katup, Dua Silinder Segaris

Kapasitas : 249,7 cc

Diameter x Langkah : 62,0 x 41,4 mm

Rasio Kompresi : 11,5:1

Pendingin : Cairan dengan Auto Electric Fan

Suplai Bahan Bakar : PGM-FI

Sistem Throttle : Throttle By-Wire System, Accelerator Position Sensor

Transmisi : Manual 6 Speed

Sistem Starter : Electric Starter

Kopling : Multiplate Wet Clutch

Pelumas : Tipe Basah

Kapasitas Oli : 1,9 liter (setiap penggantian)

Pengapian : Full Transisterized

Busi : NGK SILMAR8C-9 Iridum

Aki : MF 12V - 7Ah

 

Sasis : Truss Frame

Ban Depan : 110/70R17

Ban Belakang : 140/70R17

Rem Depan : Disc, Kaliper 2 Piston (ABS & non-ABS)

Rem Belakang : Disc, Kaliper 1 Piston (ABS & non-ABS)

Suspensi depan : Inverted Telescopic

Suspensi Belakang : Aluminum Swing Arm, Monoshock 5 Penyetelan dengan Sistem Pro-Link

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.