Waspada, Ini Faktor Kecelakaan Motor Terbesar di Indonesia!

Waspada, Ini Faktor Kecelakaan Motor Terbesar di Indonesia!
Kamis, 20 Oktober 2016 15:10
Ilham Pratama

Miris melihat data jumlah kecelakaan di Indonesia yang angkanya terbilang masif. Buktinya, jumlah kecelakaan secara total sendiri meningkat menjadi 98.970 kasus tahun lalu dari 95.906 kasus pada 2014 lalu. Memang, angka kematian justru menurun dari 26.495 kasus di 2014 jadi 28.297 kasus pada tahun 2015.

Kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua, alias sepeda motor di Indonesia menjadi penyumbang terbesar kasus kematian di jalan raya. Data dari Korlantas Polri, selama tiga tahun terakhir menunjukan jumlah sekitar 70-80 ribu kasus kecelakaan motor pertahun.

Dan ternyata, penyumbang terbesar kecelakaan motor adalah kasus tabrakan antar bagian depan motor, atau yang kerap disebut ‘adu kambing’. “Kecelakaan yang melibatkan bagian depan antara dua motor (adu kambing) menjadi kasus yang paling banyak. Setiap tahun, kasus ini mencapai lebih dari 20 ribu,” papar Kombes Unggul Sedyantoro, Korlantas Polri saat ditemui di acara Sharing Session ‘Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2016 (20/10).

Menurutnya, tahun lalu saja tercatat 20.017 kasus adu kambing terjadi. Jumlah tersebut diikuti kasus tabrakan depan-belakang yang mencapai 16.767 kasus tahun lalu. Lalu, kecelakaan menabrak orang juga cukup banyak dengan angka 9.594. Serta tabrakan depan-samping dengan 7.016 kasus.

“Seiring makin banyaknya motor di jalan, angka kecelakaan juga bertambah. Namun tahun lalu, angka kematiannya menurun. Tapi, banyaknya kasus adu bagian depan menunjukan jika masih banyak pelanggaran yang terjadi,” jelas Unggul.

Lebih lanjut, pelanggaran yang bisa mengakibatkan kasus tersebut diantaranya, berkendara melawan arus, tak menyalakan lampu utama. Hingga tak memakai kelengkapan berkendara, seperti helm dan jaket secara benar.(otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.