Komparasi Honda New Scoopy VS Yamaha Fino Grande, Duel Skuter Retro

Komparasi Honda New Scoopy VS Yamaha Fino Grande, Duel Skuter Retro
Kamis, 30 Maret 2017 15:00
Ilham Pratama

Honda New Scoopy resmi diluncurkan di Jakarta pada Rabu (29/3). Sebagai generasi ke-3 dari skuter bertampang retro tersebut langsung ditantang oleh Yamaha Fino Grande yang lebih dulu mengaspal secara diam-diam. Dan duel sengit tak bisa dihindari antara keduanya.

Desain

Di sektor desain, keduanya punya tampilan retro yang menarik. Namun sebagai produk yang datang belakangan, New Scoopy terlihat lebih fresh dengan kombinasi warna baru, lampu-lampu LED dan yang paling revolusioner ada pada penggunaan ban dan pelek berdimensi 12 inci.

Sedangkan Fino Grande masih mengandalkan bentuk yang berbasis Fino FI yang dikenalkan sejak awal 2014 silam. Meski sedikit ketinggalan, tapi di versi terbaru yang meluncur awal tahun 2017 ini, sudah tersemat beberapa pembaruan seperti headlamp LED dengan aksen biru, kelir doff dan jok double stylish.

Fitur

Dengan versi barunya, Honda coba membenamkan banyak fitur berlimpah pada New Scoopy. Mulai dari power charger 12 volt, fitur alarm dan answer back system. Serta ECO indicator dan LCD display pada spidometer.

Dari sisi fungsional, ada bagasi 15,4 liter di balik jok dan ada laci berpenutup di balik dek. Ban juga sudah menggunakan tipe tubeless dengan tapak lebar. Sedangkan fitur yang ada sebelumnya seperti Combi Brake System, Side Stand Switch, Parking Lock, Idling Stop System dan ACG starter masih dipertahankan.

Beralih ke Fino Grande. Yamaha juga mencoba menyegarkan model berbasis Fino FI ini dengan fitur baru seperti Advance Key System, Stop & Start System dan Side Stand Switch.

Dari sisi fungsional ada bagasi 8,7 liter di balik jok, lalu Parking Lock dan ECO Indicator.

Sayangnya, Fino Grande masih mengandalkan desain pelek 14 inci yang sama seperti Mio Sporty. Selain itu, ban tipis dengan ban dalam juga masih dipertahankan.

Mesin

Yamaha sempat mengganti mesin Fino dari YMJet-FI bervolume 113 cc di versi 2014 dengan Blue Core yang berkapasitas 125 cc tanpa merubah tampilan awal tahun ini. Mesin berpendingin udara SOHC ini mampu menghasilkan daya 9,3 dk per 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm di 5.500 rpm.

Berkebalikan dengan Honda yang masih percaya dengan jantung lama bertipe eSP 108,2 cc pendingin udara yang sama seperti versi sebelumnya. Mesin ini punya tenaga 8,9 dk/ 7.500 rpm dan torsi 9,4 Nm/ 6.000 rpm

Harga

Oleh Yamaha, Fino Grande dibanderol Rp 18,4 juta dalam satu pilihan warna, yakni biru doff. Dan New Scoopy dihargai Rp 17,8 juta dengan 8 pilihan warna.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.