Nih, Sederet Keunggulan Ban Radial Dibanding Ban Standar

Nih, Sederet Keunggulan Ban Radial Dibanding Ban Standar
Rabu, 12 April 2017 18:45
Ilham Pratama

IRC RMC 810 yang merupakan produk radial memiliki sederet keunggulan dari ban standar yang beredar saat ini, yang dikenal sebagai ban bias (baik tube type dan tubeless). Ini karena mulai dari konstruksi hingga bahan bakunya berbeda keduanya.

Seperti diungkapkan Arijanto Notorahardjo, EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk yang menyatakan jika perbedaan utama antara ban radial dengan ban bias terletak pada konstruksi dan bahannya.  "Konstruksi ban radial bersudut 90 derajat dan menggunakan lapisan dari serat baja, sedangkan konstruksi ban bias bersudut 45 derajat dan menggunakan serat nilon," jelasnya.

Hasilnya, ban radial memiliki berbagai macam keunggulan, khususnya dalam hal pengendalian, daya cengkeram (grip), serta performa baik di jalan kering maupun basah.

Selain itu, dengan bahan dan konstruksi berbeda, ban radial juga diklaim lebih awet serta ringan ketimbang ban bias. 

"Dengan memakai bahan Aramid dan steel belt. Panas yang ditimbulkan di dalam lebih lama. Sehingga ban radial bisa dipakai di kecepatan lebih tinggi secara konsisten."

Akatsuka, Head of Product Development and Quality Assurance IRC Japan menambahkan jika ban radial membuat handling lebih mudah. Rahasianya ada di jumlah ply yang digunakan. "Pada ban depan sama-sama pakai 3 ply karena berfungsi sebagai pendukung handling dan stabilitas. Sedangkan ban belakang radial hanya pakai 2 ply dan bias pakai 4 ply," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.