Tengok Lima Perbedaan Besar Honda Scoopy Baru dan Scoopy Lawas

Tengok Lima Perbedaan Besar Honda Scoopy Baru dan Scoopy Lawas
Rabu, 5 April 2017 10:30
Ilham Pratama

Masih penasaran akan perbedaan antara Honda New Scoopy dan versi lawasnya? Tenang, kami punya lima perbedaan besar yang menjadi perubahan signifikan antara Scoopy lawas dan versi terbarunya. Apa saja? Yuk, tengok.

Desain

Secara sekilas, desain bodi memang terlihat mirip karena aksen membulat yang jadi ciri khas Scoopy masih dipertahankan. Tapi tengok saja posisi lampu-lampunya, kini berubah total. Selain itu, headlamp kini sudah mengaplikasi LED. Menariknya, meski bodinya nyaris sama, tapi versi anyar dan lawasnya nggak bisa subtitusi lho.

“Bukan hanya berbeda di baut bodi saja, tapi memang sasisnya sudah berbeda jauh antara versi yang lama dan baru ini,” ungkap Sarwono Edi, dari New Model Service PT Astra Honda Motor.

scoopy

Sasis

Yup, sasis Scoopy baru sudah memakai rangka besi kotak yang mirip New Beat. Bukan lagi mengandalkan pipa turbular bulat seperti sebelumnya. “Keuntungannya sasis lebih rigid dan kompak ketimbang sebelumnya. Sasis baru ini juga berkontribusi pada posisi duduk yang sedikit berbeda karena lantai dek yang lebih tinggi dari sebelumnya,” jelas Edi.

Kaki-kaki

Selain desain dan sasis, sektor kaki-kaki Scoopy juga berubah total. Mulai dari sokbreker belakang, segitiga suspensi depan hingga ukuran pelek.

Soal pelek, lingkar roda yang sebelumnya 14 inci disunat jadi 12 inci yang ditunjang ban tubeless yang lebar. Tujuannya karena kebutuhan style. Meski terkait dimeter ban lebih kecil tapi ground clearance naik 3 persen. Sehingga Honda mengklaim Scoopy anyar tetap memberikan kenyamanan berkendara.

Suspensi belakang mengalami ubahan pada dimensi ulir yang lebih kecil, tujuannya agar tidak mentok dengan ban yang makin lebar. Pun demikian dengan segitiga suspensi depan disiasati agar tak mepet ke ban. “Tapi soal kekuatan kami jamin sama, karena sudah diperhitungkan,” kata Edi.

Fitur

Sebagai penyempurnaan, Honda tak ingin tanggung untuk menambah fitur di Scoopy baru ini. Sebut saja, power charger 12 Volt dengan laci tertutup terdapat di bagian depan. Kemudian ada alarm system untuk keamanan. Lalu ada LCD spidometer dan ECO Indicator. Semua fitur tersebut tak ada pada versi sebelumnya.

Harga

Nah, dengan segala ubahan dan penambahan fitur, Honda juga menawarkan harga yang berbeda bagi Scoopy baru. Di mana harga jualnya naik dari Rp 17,05 juta kini menjadi Rp 17,8 juta.(otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.