Berkendara dengan Skuter Matik Roda Empat Qooder, Perlu SIM A atau C?

Berkendara dengan Skuter Matik Roda Empat Qooder, Perlu SIM A atau C?
Sabtu, 14 Desember 2019 13:00
Thio Pahlevi

Skuter matik bernama Qooder resmi hadir di jalanan Indonesia pada Jumat (13/12). Uniknya motor yang berasal dari Swiss dan diproduksi di Taiwan ini dibekali dengan empat roda. Umumnya kendaraan beroda empat bisa dikendarai dengan syarat memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) A. Lantas bagaimana dengan motor roda empat Qooder ini?

   Baca Juga: Alasan Motor Yamaha Banyak Gunakan Mesin 155 cc dan SOHC

"Regulasinya pakai SIM C. Karena kami juga dari saat masukin ke Indonesia, memang izin impornya adalah motor. Jadi pakainya SIM C," kata Budi Kurniawan, Sales and Marketing Director GForce Republic pada OtoRider di Jakarta (13/12).

Qooder

Meskipun memiliki empat roda, Budi menambahkan bahwa motor ini belum bisa untuk dikendarai memasuki jalan bebas hambatan alias tol.

   Baca Juga: Daftar Pembalap MotoGP 2020 dan Sisa Kontraknya

Sekadar catatan, Qooder ini dibekali mesin berkapasitas 400 cc atau tepatnya 399 cc, 4-Tak, satu silinder, serta 4-valve. Tenaga maksimum yang mampu dihasilkannya sebesar 32,5 dk pada 7.000 rpm dan torsi 38,5 Nm pada 5.000 rpm.

Menariknya lagi, skutik ini juga dibekali suspensi Hydraulic Tilting System (HTS) pada keempat rodanya. Suspensi tersebut memungkinkan tiap rodanya bergerak melakukan peredaman secara individual. Artinya, suspensi HTS ini bisa naik dan turun secara terpisah saat dikendarai.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.