Intip Proses Pembuatan Rangka eSAF Honda Genio, Langsung dari Pabriknya

Intip Proses Pembuatan Rangka eSAF Honda Genio, Langsung dari Pabriknya

Produsen sepeda motor Honda di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya membuka pintu pabrik untuk memperkenalkan proses pembuatan rangka skutik terbarunya. Rangka yang disebut enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) ini digunakan di Honda Genio terbaru. Pembuatan rangka ini sendiri berada di pabrik AHM yang berada di MM2100 Cikarang, Jawa Barat.

Teknologi rangka eSAF ini menjadi yang pertama di Indonesia dari keseluruhan Honda Global. Bahkan, negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam baru berencana melakukan penerapan rangka yang sama di negaranya. "Pertama di Indonesia, sudah dilirik oleh Thailand dan Vietnam. Secara bobot akan lebih ringan dan lebih stabil," kata General Manager Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat, Selasa, 10 September 2019.

   Baca Juga : Mengenal eSAF, Teknologi Rangka Baru Pada Honda Genio

   Baca Juga: Spesifikasi Dan Galeri Foto Honda Genio, Stylish Dan Sporty

Dalam kunjungan juga diperlihatkan tahapan proses mulai dari lembaran pelat baja hingga terbentuknya rangka yang utuh. Rangka eSAF pada Honda Genio menggunakan proses produksi mutakhir seperti proses press serta laser welding. "Genio menggunakan lembaran pelat yg kemudian dipress. Kemudian baru diwelding menggunakan laser welding," jelas Dodi.

Dodi menambahkan, bahwa penggunaan rangka eSAF ini juga akan membuat Honda Genio lebih nyaman digunakan serta konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit. Senada dengan Dodi, Technical Service Division Plant AHM Cikarang, Endro Sutarno juga mengungkapkan keuntungan dari penggunaan teknologi rangka terbaru eSAF ini. 

"Mengadopsi stamped frame yang menggunakan 2 piecessheet metal. Handling lebih gesit dan nyaman.Hasilnya bagasi dan ruangan pijakan kaki lebih besar," kata Endro. Selain Honda Genio, pabrik yang memiliki luas 300.000 meter persegi ini juga memproduksi beragam produk skutik Honda lain, di antaranya Honda BeAT series, Honda Scoopy, dan Honda Vario.

Hmm.. ketiga model terakhir memang masih menggunakan model rangka skutik lama Honda. Berada dalam satu pabrik, bukan tak mungkin teknologi eSAF bisa diterapkan pada line up skutik Honda tersebut di masa mendatang. 

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id