Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video

Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video
Selasa, 11 Juni 2019 17:30
Hieronimus Girindra

Sebuah motor adventure klasik akan segera hadir di Indonesia. Moto Guzzi V 85 TT tampaknya akan jadi gebrakan terbaru Piaggio Group di Asia, khususnya Indonesia. Terlebih, di Jakarta sudah ada MotoPlex, dealer besar yang menjadi payung tak hanya untuk skuter Vespa dan Piaggio, tapi juga Moto Guzzi dan Aprilia.

Sebelum motornya hadir di Indonesia, kami terlebih dulu mendapat kesempatan luarbiasa untuk mencobanya bersama awak media dari seluruh Asia Pasifik. Bertempat di Phuket, Thailand, motor adventure bergaya klasik ini diperkenalkan. 

Tetap mengedepankan gaya khas Moto Guzzi dengan mesin V yang dipasang melintang, motor ini punya karakter berbeda dari semua Guzzi yang ada di Indonesia, maupun semua motor adventure yang sudah lebih dulu hadir di pasar lokal. Ya, V 85 TT ini memang akan hadir di pasar motor adventure middleweight dan bertemu dengan BMW F 850 GS atau Triumph Tiger 800. Namun karakternya ternyata cukup berbeda.

Motor ini adalah adventurer ganteng. Nama TT diambil dari Tutto Terreno yang kira-kira artinya 'segala medan'. Namun, tampaknya V 85 TT bukanlah motor adventure murni yang siap diajak melahap lintasan off-road superekstrem. Dia lebih menawarkan sensasi motor segala medan, termasuk medan aspal pada hutan perkotaan. Gaya klasik khas Moto Guzzi membuatnya tetap sedap dipandang meski dibawa ke pusat perbelanjaan atau sekadar riding menuju kantor. 

Sensasi yang ditawarkan Moto Guzi V85 TT ini memang berbeda. Beda dari semua motor adventure yang ada dan pernah kami coba, juga beda dari semua model Moto Guzzi yang ada di Indonesia. Mulai dari V7 Stone atau Racer, V9 Roamer dan Bobber atau California dan Audace. Namun kalau ditarik benang merah, memang bisa dirasakan.

Pertama, feeling khas Moto Guzzi masih terasa di motor ini. Mesin V Twin yang dipasang membujur sesuai arah motor. Mesin ini tidak pakai radiator. Pendingin udara lebih natural dan ternyata cukup efektir dengan posisi mesin nongol keluar di bawah tangki. Uniknya, tak terasa panas. Hanya hangat saja di sekitar lutut dan tulang kering.

Namun tetap ada beda dibanding semua Guzzi, terutama soal mesin. Karena mesinnya terasa lebih halus. Entakan tenaga pun terasa sangat kuat. Menurut mereka, torsi memang 'cuma' 80 Nm di 5.000 rpm. Tapi pada 3.750 rpm, 90% torsi puncak sudah tersedia, dan kalau melihat grafiknya, sekitar 3.000 rpm, sudah ada 60 Nm torsi tersedia buat Anda.

Jadi, feeling ridingnya sebenarnya mirip karakter cruiser. Main torsi dengan rpm rendah. Apalagi rasio giginya panjang-panjang. Kuatnya tenaga pun terus terasa, di kecepatan tinggi masih nendang. Naik dari 130 ke 165 km/jam di gigi 6 pun cepat sekali rasanya.

Lalu benang merah kedua adalah posisi riding ala motor adventure juga terasa banget. Motor lebih tinggi dari semua Guzzi yang ada. Makanya diajak masuk jalan off-road pun pede saja. Suspensi terasa sangat empuk dan sangat baik meredam guncangan jalan yang jelek.

Kita juga coba menyeberangi sungai. Hmm.. sungai kecil sih, tapi motor yang agak tinggi membuat kita pede saja melibas genangan air dengan bebatuan di dasarnya.

Sementara kalau ingat motor adventure sekelas, V 95 TT ini memang terasa lebih gambot. Mungkin karena tangkinya yang besar banget. Jadi, buat off road berat, kayaknya nggak cocok deh. Tapi kalau hanya jalan-jalan kampung tanpa aspal saja sih oke. Setang lebar mempermudah pengendalian, tapi membelok tetap enak main badan. Perlu pakai gaya-gaya sporty riding khas big bike jalan raya gitu. Begitu sudah rebah, suspensinya enak sekali memeluk jalan.

VARIAN DAN PERANTI OPSIONAL

Selain model warna spesial seperti yang kami coba, ada juga varian warna solid. Sasisnya dicat hitam dan mengunakan ban berbeda, yaitu Metzeler Tourance. Sedangkan spesifikasinya sama saja. Sementara itu, ada banyak aksesori yang disediakan dan bisa plug and play dengan V 85 TT ini. Misalnya pannier atau boks kiri kanan masing-masing 33 dan 38 liter juga top box belakang 48 liter. Boks ini dengan mudah dibuka pasang dan kompatibel dengan behel asli tanpa perlu ubahan lagi.

Juga ada standar tengah sebagai peranti opsional. Windsscreen touring juga sudah siap dengan kemampuan lebih besar 60% dari yang standar. Spion pun tersedia model adjustable. Dan masih banyak aksesori original lain seperti footstep bergerigi, engine guard, pelindung gardan, fog lamp, sokbreker belakang Ohlins dan knalpot Arrow.

 

Data Spesifikasi Moto Guzzi V 85 TT 2019 :

P X L X T:  2.240 mm x 950 mm x 1.530 mm 

Jarak Sumbu Roda:  1.550 mm

Jarak terendah ke tanah:  210 mm

Tinggi tempat duduk:  830 mm

Berat Kosong: 208 kg

Berat Isi:  229 kg (termasuk semua cairan dan 90% bahan bakar)

Kapasitas Tanki Bensin:  23 L

Mesin: 4-Tak, Transverse 900 V Twin, SOHC, 2 Valve per silinder, berpendingin udara

Kapasitas:  853 cc 

Diameter x Langkah:  84 x 77 mm

Perbandingan Kompresi:  10,5 :1

Daya Maksimum:  80 dk/7.750 rpm

Torsi Maksimum:  80 Nm/5.000 rpm

Sistem Bahan Bakar:  Electronic Injection, 52 mm single throttle body, ride by wire

Emisi: Euro 4

Transmisi : Manual 6 percepatan

Rangka: High strength tubular steel frame

Suspensi Depan : Upside down 41 mm, adjustable preload and hydraulic rebound

Suspensi Depan : Double-sided swingarm, single shock on right side, adjustable preload and hydraulic rebound

Pelek Depan : 2,50 x 19 inci

Ban Depan: 110/80R19 

Pelek Belakang: 4,25 x 17 inci

Ban Belakang: 150/70R17 

Rem Depan: Double Disc Brake 320 mm, Brembo 4 pistons radial-mount callipers

Rem Belakang:  Single Disc Brake 260 mm, floating calliper with 2 piston

 

Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video Galleri foto Moto Guzzi V 85 TT First Ride - Galeri Foto dan Video
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.