Vespa Bertenaga Matahari Hadir Pertama Kalinya di Indonesian Scooter Festival 2019

Vespa Bertenaga Matahari Hadir Pertama Kalinya di Indonesian Scooter Festival 2019

Indonesian Scooter Festival (ISF) 2019 merupakan ajang skuteris yang memamerkan sejumlah motor-motor legendaris. Namun tidak hanya motor legendaris, ternyata terdapat Vespa bertenaga matahari alias solar cell dari AnekaVespa.com. Aneka Vespa memodifikasi sebuah motor Vespa PTS yang sudah sangat jadul untuk dikonversi menggunakan dinamo listrik.

Heru Amrih Edhie dari AnekaVespa.com mengatakan pihaknya membuat konsep motor Vespa listrik yang belum ada di Indonesia. Karena sebelumnya sudah ada motor Vespa listrik yang dapat di charge lewat listrik rumahan. Sehingga membuat Aneka Vespa menggunakan energi yang lebih bersih lagi yakni lewat tenaga matahari.

   Baca Juga: Indonesian Scooter Festival 2019, Lebarannya Skuteris Resmi Digelar

"Kami tampilkan Vespa bertenaga listrik baterai. Awalnya konsep dari teman di Surabaya, cuma kami ingin pengisiannya tanpa langsung listrik. Makanya alternatif energi lain yang bisa kami dapatkan ya dari solar cell ini. Karena kan konsep Vespa yang langsung dicolok ke listrik sudah ada," ujar Heru saat ditemui OtoRider di Yogyakarta, Sabtu (21/9).

Vespa PTS Solar Cell

 

Heru menjelaskan untuk membuat motor Vespa ini dibutuhkan waktu sekitar lebih kurangnya 3 bulan. Dari bahan motor Vespa PTS Small Frame, mesin bensin dan tangkinya dicopot untuk kemudian dipasangkan dinamo listrik dan baterai. Sayangnya Heru tidak mengetahui kapasitas baterai dan spesifikasi mesin listrik yang digunakan.

"Perkiraan sih hampir 3 bulan lah, basicnya Vespa Small Frame PTS. Mesin total semua dilepas, tangki dilepas. Jarak tempuhnya bisa 100 kilometer, kalau kecepatannya maksimal 50 km/jam tapi kalau boncengan paling 40 km/jam," jelas Heru.

Vespa PTS Solar Cell

 

Masalah pengisian daya baterai, Heru menjelaskan memang memakan waktu lebih lama dari pengisian daya normal. Kalau pengisian lewat listrik rumahan hanya 1 jam saja, sedangkan kalau menggunakan solar cell bisa sampai 2 jam. Itupun masih tergantung dengan jumlah panas matahari yang didapatkan oleh panel surya.

   Baca Juga: Vespa Darling 90s Jadi Hadiah Lucky Draw di Indonesian Scooter Festival 2019

Menyoal harga, Heru menyebutkan banderol Vespa PTS bertenaga matahari ini adalah Rp 35 juta. Namun bagi yang sudah memiliki motor Vespa, Aneka Vespa tentunya siap mengerjakan menjadi motor listrik.

Vespa PTS Solar Cell

 

Aneka Vespa ini bisa ditemui di Ruko Graha Anggrek Mas A.47 Lingkar Barat Sidoarjo, Jawa Timur. Selain menng-konversi motor vespa ke listrik, Aneka Vespa juga melayani service, sparepart, aksesoris, dan restorasi.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id