Basis Mesin Serupa Yamaha R15, Apa Bedanya dengan WR 155R?

Basis Mesin Serupa Yamaha R15, Apa Bedanya dengan WR 155R?
Selasa, 18 Agustus 2020 08:00
Thio Pahlevi

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi menghadirkan produk motor off-road terbarunya pada akhir 2019 lalu, yakni WR 155R. Secara performa, motor ini memiliki basis mesin yang mirip dengan milik YZF-R15.

Namun, meski memiliki basis mesin yang serupa, ternyata ada perbedaan pada kedua motor tersebut. Nah, apa saja yang membedakannya?

   Baca Juga: Bermain di Kelas 250 cc, Apa Keunggulan Kymco X-Town 250i?

Ridwan Arifin selaku Service Education PT YIMM pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, ada beberapa perbedaan di sektor performa, di antaranya komponen kopling dan juga ECU (Engine Control Unit).

"Perbedaan ada di bagian koplingnya. Untuk merasakan sensasi off-road, tentunya tidak menggunakan assist & slipper clutch. Tapi girnya itu sama dengan R15. Hanya rasionya saja yang dibedakan untuk di sproket belakang," jelas Ridwan beberapa waktu lalu.

All New Yamaha R15 Modifikasi Balap

Ridwan menambahkan, perbedaan juga terletak pada desain knalpotnya. Dirinya menegaskan jika desain tersebut memang dirancang khusus untuk penggunaan off-road. Akan tetapi, motor ini juga memiliki performa yang cukup mumpuni saat melibas jalan aspal.

   Baca Juga: Knalpot Akrapovic Ninja ZX-25R Siap Meluncur, Berapa Harganya?

"Biasanya kan di off-road itu pakai speed-nya low ke middle ya. Nah, ini memang didesain untuk performa low-middle. Tapi enggak menutup kemungkinan di jalan raya pun performanya tetap kami prioritaskan. Karena memang motor ini dibikin untuk dual purpose, di jalan raya dan off-road," ujar Ridwan.

Terakhir, perbedaan juga terdapat pada komponen ECU-nya. Komponen ini, lanjut Ridwan, benar-benar berbeda dengan milik R15. "ECU-nya memang diatur untuk off-road dan dual purpose. Jadi ECU-nya pun tidak bisa dipakai di R15, begitupun sebaliknya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.