Begini Jadinya Kalau Motor Bebek 2-Tak Dicolok Teknologi Injeksi

Begini Jadinya Kalau Motor Bebek 2-Tak Dicolok Teknologi Injeksi
Minggu, 19 Januari 2020 14:00
Brian

Mesin motor 2-stroke alias 2-tak merupakan teknologi mesin yang sangat lama. Mesin jenis ini diberhentikan produksinya karena standar emisi yang semakin tinggi. Namun ternyata tidak semua pecinta roda dua meninggalkan mesin 2-tak, bahkan kali ini terdapat mesin 2-tak yang dicolokkan pengapian injeksi.

   Baca Juga: Jangan Asal, Perhatikan Hal Berikut Saat Bore Up Mesin

Hal ini ditemukan lewat video yang diunggah akun Facebook Tommy Huang selaku bos dari Bintang Racing Team (BRT). Pada video yang diunggah tersebut, terlihat motor bebek dua tak yang menggunakan sistem pembakaran injeksi. Menurut Tommy Huang dalam unggahannya menyebutkan tenaga dan akselerasi motor 2-tak injeksi lebih baik dari karburator.

Motor 2-tak injeksi BRT

 

"Uji coba under bone injeksi 2 tak sukses. Power dan akselerasi lebih bagus dari karburator. Tunggu uji di event balap minggu depan ya," ujar Tommy lewat akun Facebooknya.

   Baca Juga: Ganti Perangkat Rem Brembo Secara Satuan, Apa yang Lebih Diutamakan?

Teknologi injeksi pada motor bermesin 2-tak sebenarnya sudah hadir cukup lama di jagat otomotif dunia. Salah satu pabrikan yang masih menggunakan 2-tak tetapi dengan pengapian injeksi adalah KTM. Pabrikan Austria ini memiliki rentang produk motor trail tipe Enduro yang menggunakan mesin 2-tak injeksi.

Motor 2-tak injeksi BRT

 

Selain KTM, Husqvarna juga memiliki motor bermesin 2-tak injeksi yaitu TE250i. KTM dan Husqvarna memang berbagi platform pada produk sepeda motornya. Sehingga keduanya menggunakan teknologi injeksi yang sama bernama Transfer Port Injection alias TPI.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.