Ganti Perangkat Rem Brembo Secara Satuan, Apa yang Lebih Diutamakan?

Ganti Perangkat Rem Brembo Secara Satuan, Apa yang Lebih Diutamakan?
Rabu, 15 Januari 2020 08:00
Thio Pahlevi

Kinerja sistem pengereman menjadi hal yang sangat penting dalam keselamatan berkendara. Pun demikian seperti halnya pada motor. Oleh karena itu, perawatan serta penggunaan sistem pengereman harus diperhatikan dengan baik.

Salah satu merek yang menyediakan perangkat pengereman adalah Brembo. Perangkat pengereman asal Italia ini seringkali ditemukan pada motor berperforma tinggi. Namun, belakangan juga banyak tersedia untuk motor kelas di bawah 250 cc.

   Baca Juga: Tarikan Honda ADV150 Lemot? Begini Solusinya

Dikenal dengan harganya yang mahal, perangkat pengereman Brembo ternyata juga bisa dibeli secara terpisah, seperti hanya master rem, kaliper, atau tabung minyak remnya saja. Nah, jika ingin membelinya secara satuan, komponen apa yang sebaiknya lebih diutamakan?

Perangkat rem master rem dan kaliper Brembo ultra speed racing

"Sebenarnya kalau ganti Brembo itu paling baik ganti master remnya dulu. Karena yang paling pengaruh itu master rem dibandingkan kaliper. Kalau kaliper itu optional. Bisa ganti, bisa enggak," kata Alvi Setiawan, Marketing and Retail Ultra Speed Racing pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Bersihkan Filter Udara Racing Boleh Pakai Sabun

Alvi menambahkan, ketika sudah pakai master rem Brembo, tetapi kaliper yang masih standard, bisa diakali dengan mengganti kampas rem yang lebih bagus saja. Selain itu, penggantian master rem Brembo juga biasanya dibarengi dengan penggantian selang rem.

"Cuma rata-rata kalau sudah pakai Brembo, selang itu enggak mungkin pakai yang standard. Karena selang standardnya berbeda kalau sudah ganti master rem," jelas Alvi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.