Evolusi Tampilan Kawasaki Ninja ZX-10R Dari Masa ke Masa

Evolusi Tampilan Kawasaki Ninja ZX-10R Dari Masa ke Masa

Jika berbicara soal motor sport berkapasitas 1.000 cc, tentunya tidak akan jauh dari yang namanya Kawasaki Ninja ZX-10R. Motor yang satu ini sebenarnya sudah hadir selama beberapa generasi. Bahkan pada tahun 80-an, Kawasaki tidak menggunakan nama ZX, melainkan GPZ.

Terdapat sebuah video di kanal YouTube On Top, yang menampilkan evolusi tampilan dari Kawasaki Ninja ZX-10R. Video tersebut menampilkan sejumlah perubahan dari generasi-generasi motor tersebut. Baik secara desain, suara, mesin, hingga tenaga juga ditampilkan pada video tersebut.

Kawasaki ZX-10 1988

Generasi pertama, alias nenek moyang Ninja adalah GPZ900R yang diluncurkan pada tahun 1984. Pada saat itu, Kawasaki berhasil menghadirkan mesin yang kuat, ringan, dan aerodinamis. Pada generasi pertama ini, tampilan motor memang terlihat sangat retro sesuai dengan zamannya.

   Baca Juga: Kawasaki Ninja ZX-10R Terkena Recall Terkait ECU

Kemudian pada tahun 1986, Kawasaki memperkenalkan generasi terbaru dari GPZ900R, yakni GPZ1000RX. Tentunya GPZ1000RX hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan memiliki ubahan di berbagai sisi. Hasilnya performa motor ini pun meningkat, dari kecepatan tertinggi sebelumnya hanya 151 mph menjadi 158 mph.

Kawasaki Ninja ZX-10R

Kemudian pada tahun 1988, Kawasaki meluncurkan Ninja dengan nama ZX-10 untuk pertama kalinya. Pada saat itu, motor ini masuk ke dalam motor dengan produksi masal tercepat di dunia. Hingga saat ini, nama ZX-10 masih terus digunakan sebagai nama besar Ninja berkapasitas 1.000 cc.

   Baca Juga: Cukup Diminati di Pasar India, Bagaimana Tampilan Suzuki Burgman Street 125?

Sayangnya, pada video kali ini hanya menampilkan generasi Kawasaki Ninja dengan spesifikasi tertingginya saja. Padahal di rentang waktu tersebut terdapat beberapa Kawasaki Ninja lainnya yang cukup legendaris. Salah satunya adalah Ninja 250 empat silinder yang hadir pada tahun 1989.

Berikut OtoRider sajikan video Kawasaki ZX-10R dari YouTube On Top yang hadir dari masa ke masa.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id