Kawasaki Ninja ZX-10R Terkena Recall Terkait ECU

Kawasaki Ninja ZX-10R Terkena Recall Terkait ECU

Kawasaki Ninja ZX-10R dilakukan penarikan kembali alias recall oleh Kawasaki Motors Corp USA. Kampanye recall ini dikarenakan kesalahan pemrograman pada mesin. Kesalahan ini membuat mesin motor menjadi backfire dan dapat merusak komponen emisi.

Dilansir dari RideApart, pemberitahuan kerusakan yang diterbitkan oleh National Highway Traffic Safety Administration terdapat 1.529 motor di-recall. Kawasaki ZX-10R yang terkena recall adalah keluaran tahun 2019 dan 2020. Di antaranya adalah Kawasaki ZX-10R, ZX-10R ABS, serta ZX-10R ABS KRT Edition.

   Baca Juga: Bosch Kembangkan Teknologi Keselamatan Pengendara Motor

Pemberitahuan cacat pada Kawasaki ZX-10R terdapat pada pemrograman Electronic Control Unit (ECU) yang salah. Akibatnya, mesin 998 cc empat siinder segaris itu mengalami backfire ketika menggunakan quick shifter. Backfire yang terjadi secara terus menerus dapat mematahkan katup hisap udara yang berguna untuk mengurangi emisi.

Kawasaki Ninja ZX-10RR

Selain itu, jika digunakan dalam jangka panjang, gas buang yang mengalir mundur dalam sistem pembuangan dapat membuat komponen lain meleleh. Kawasaki menyebutkan dalam kondisi paling ekstrem, masalah pada ZX-10R ini dapat menyebabkan kebakaran.

   Baca Juga: GALERI: Motor Cruiser Benelli 502C

Kawasaki Amerika kini tengah berkomunikasi dengan baik kepada konsumen ZX-10R. Produk yang terkena dampaknya juga telah dikabarkan melalui surat dan diundang untuk datang ke dealer. Hingga saat ini belum diketahui apakah kejadian ini berpengaruh ke seluruh ZX-10R di dunia, termasuk Indonesia.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id