First Ride: Skutik Roda Tiga Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

First Ride: Skutik Roda Tiga Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

 

Seperti telah diberitakan, Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance telah dipasarkan sejak Oktober lalu di Indonesia. Motor roda tiga itu dipasarkan dalam harga Rp 360 juta untuk on the road Jakarta. PT Piaggio Indonesia pun memberikan kesempatan kepada OtoRider untuk merasakan langusng skutik tersebut.

Impresi pertama kali menunggangi Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance adalah motor tersebut terasa sangat besar. Hal tersebut dapat terasa dari tampilan dashboard hingga ke bodinya yang lebar. Posisi berkendaranya pun cukup tinggi jika dibandingkan dengan skutik pada umumnya.

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

 

Secara ergonomi duduk di atas sadel Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance terasa cukup nyaman. Jok yang empuk, besar, dan dilengkapi lumbar support memang sangat membantu pengendara. Namun motor ini terasa cukup tinggi, untuk pengendara dengan tinggi 170 cm masih harus jinjit untuk menginjak tanah.

   Baca Juga: GALERI: Skutik Roda Tiga Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

Sistem auto release pada suspensi depan juga bekerja sangat baik ketika tuas gas diputar. Sehingga tidak membuat kagok pengendaranya, terutama yang baru mencicipi Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance. Sistem pengunci suspensi depan juga bekerja sangat maksimal, bahkan membuat pengendara tidak perlu turun kaki saat berhenti.

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

 

Mengenai performanya, di putaran bawah Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance memberikan tenaga yang cukup halus. Sehingga meskipun memiliki mesin 500 cc, pengendara tidak mengalami hentakan yang kuat. Tenaga terbilang halus dan linear hingga ke putaran atas, bahkan tanpa disadari Anda bisa tiba-tiba melaju di atas 100 km per jam.

   Baca Juga: Honda Beri Pembaruan pada CB1000R 2021, Apa Saja yang Ditawarkan?

Sayangnya pada putaran bawah mesin Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance terasa bergetar cukup kuat. Getaran ini bahkan terasa hingga ke bagian setang dan membuat windshield cukup bergoyang. Namun setelah melewati putaran bawah, mesin akan terasa sangat halus kembali.

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

 

Bagian suspensi juga bekerja cukup baik, bahkan di jalanan yang cukup keriting suspensi depan dan belakangnya dapat meredam dengan baik. Memiliki roda tiga pun membuat Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance menjadi lebih mudah. Hal tersebut karena tambahan grip pada ban depan yang memiliki konfigurasi dua roda.

Dari sisi pengereman, Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance memiliki pengereman yang terbilang kurang pakem. Terutama jika digunakan pada kecepatan tinggi dan pengereman mendadak. Anti-lock Braking System (ABS) seperti bekerja terlalu cepat sehingga daya cengkram ban terasa kurang.

Kelebihan

- Memiliki gigi mundur
- Posisi berkendara nyaman
- Suspensi bekerja sangat baik

Kekurangan

- Pengereman kurang kuat
- Motor sangat berat
- Getaran cukup besar

Detail Spesifikasi Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance

P X L: 2.200 mm x 800 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.540 mm
Tinggi tempat duduk: 790 mm
Kapasitas Tangki Bensin: 13,2 Liter

Mesin: HPE, 4-Tak, satu silinder, pendingin cairan
Kapasitas: 493 cc
Diameter x Langkah: 94 x 71 mm
Daya Maksimum: 32,5 kW (44,2 dk)/ 7.750 rpm
Torsi Maksimum: 47,5 Nm/ 5.500 rpm
Sistem Bahan Bakar: Injeksi, ride by wire, double mapping (ECO dan STD)
Transmisi: Otomatis, CVT

Suspensi Depan: articulated quadrilateral, hydraulic suspension locking system, stroke 85 mm
Suspensi belakang: Suspensi ganda, 4 pengaturan preload, stroke 108 mm
Ban Depan: 110/70-13 (Tubeless)
Ban Belakang: 140/70-14 (Tubeless)
Rem Depan: Cakram ganda 258 mm 
Rem Belakang: Cakram 240 mm
Sistem pengereman: ABS (Anti-Lock Braking System)

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id