First Ride: Yamaha All New NMax 2020

First Ride: Yamaha All New NMax 2020

Yamaha All New NMax 2020 telah diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manfacturing pada akhir tahun 2019 lalu di Jakarta. Motor yang masuk dalam kategori skutik premium ini mendapatkan perubahan yang signifikan di sejumlah sisinya. Pihak Yamaha Indonesia pun memberikan kesempatan kepada OtoRider untuk mencicipi skutik bongsornya itu.

Impresi pertama menaiki motor ini adalah, posisi berkendara yang tidak jauh berbeda dengan generasi terdahulunya. Posisi berkendara santai dengan kaki yang dapat diselonjorkan ke depan seperti kebanyakan skuter Maxi. Ditambah dengan busa jok yang lebih empuk dari generasi sebelumnya, membuat motor ini menjadi lebih nyaman untuk digunakan.

Panning Yamaha All New NMax 2020

 

Soal ergonomi pada All New NMax masih terasa sangat baik, pengendara dapat berkendara santai maupun sedikit lebih tegak. Namun bagi anda yang memiliki tinggi sekitar 170 cm tentunya akan kesulitan menapak ke tanah dengan sempurna. Hal ini dikarenakan posisi bodi yang sangat lebar, sehingga kaki terbentang ke samping cukup banyak.

Pada bagian kendali setang juga dirasakan lebih baik dari generasi sebelumnya. Setang tidak terasa menarik ke satu arah tertentu ketika hendak berbelok. Hal ini membuat pengendalian ketika hendak menikung menjadi lebih stabil.

Panning Yamaha All New NMax 2020

 

Soal suspensinya, All New NMax memiliki bantingan yang cukup empuk di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang masih terasa cukup empuk, suspensi juga dapat diatur preloadnya sesuai dengan kebutuhan pengendara. Keduanya memang terasa cukup empuk meredam jalanan, namun tetap stabil ketika digunakan di jalanan berbelok.

   Baca Juga: Ragam Aksesori Yamaha XSR 155, Mulai Rp 100 Ribuan

Meskipun memiliki bodi yang lebih besar dari sebelumnya, All New NMax ini ternyata masih nyaman untuk digunakan saat tikungan. Bahkan motor ini masih terasa stabil hingga standar tengah menyentuh aspal. Memang menikung menggunakan NMax tidak bisa setajam motor sport, karena motor ini tidak diperuntukkan untuk cornering.

Panning Yamaha All New NMax 2020

 

Soal performa mesin, motor ini memang tidak memiliki jambakan seperti generasi sebelumnya. Yamaha Indonesia menyebutkan banyak masukan kepada mereka sehingga merevisi tenaga di putaran bawah. Hasilnya tenaga di rpm rendah terasa cukup lembut, meskipun tenaga terasa cukup besar di putaran tengah.

   Baca Juga: KTM, Husqvarna, GasGas, dan Moto Morini Tunda Produksi Akibat Virus Corona

Secara spesifikasi, memang Yamaha All New NMax ini memiliki tenaga yang lebih besar dari sebelumnya. Namun bagian torsi dibuat lebih kecil, agar membuat putaran bawah tadi menjadi lebih lembut. Soal kecepatan maksimalnya, skuter bongsor ini mampu melaju sampai kecepatan 114 km/jam.

Kesimpulan

Yamaha All New NMax 2020 merupakan skuter bongsor yang hadir dengan tampilan elegan dan terlihat premium. Secara performa, motor ini terbilang cukup memumpuni untuk digunakan sehari-hari. Yamaha tampaknya ingin mengedepankan kenyamanan pada skuter Maxi andalannya ini.

Kelebihan

1. Tenaga di putaran bawah lebih halus
2. Lebih nyaman dikendarai
3. Fitur melimpah untuk motor dikelasnya

Kekurangan

1. Kaki sulit menapak dengan sempurna
2. Performa Menurun
3. Sulit menembus kemacetan

Detail spesifikasi lengkap Yamaha All New NMax 155:

P X L X T: 1.935 x 740 x 1.160 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.340 mm
Jarak terendah ke tanah: 124 mm
Tinggi tempat duduk: 765 mm
Berat: 132 kg
Kapasitas Tanki Bensin: 7,1 liter 

Mesin: Liquid Cooled, satu silinder, 4-stroke, SOHC,VVA
Kapasitas: 155 cc
Diameter x Langkah: 58mm X 58,7mm
Perbandingan Kompresi: 11,6: 1
Daya Maksimum: 11,3 kW/8.000 rpm
Torsi Maksimum: 13,9 Nm/ 6.500
Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection
Transmisi: Otomatis
Tipe kopling: Single dry clutch

Tipe Rangka: Underbone
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Unit swing
Ban Depan: 110/70-13M/C 48P (Tubeless)
Ban Belakang: 130/70-13M/C 63P (Tubeless)
Rem Depan: Hydraulic Single Disc brake
Rem Belakang: Hydraulic Single Disc brake
Sistem pengereman: ABS Dual Channel (Versi Connected/ABS)

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id