Penjualan Roda Dua di Indonesia Alami Peningkatan di Tengah Pandemi

Penjualan Roda Dua di Indonesia Alami Peningkatan di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia tentunya berdampak pada penurunan ekonomi. Tidak terkecuali Indonesia dengan industri otomotif roda duanya. Namun pada bulan Juni, tercatat penjualan roda dua di tanah air mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), angka penjualan motor domestik di bulan Juni mencapai angka 167.992 unit. Sedangkan untuk ekspor motor di bulan yang sama mencapai angka 32.884 unit. Angka tersebut tercatat meningkat melebihi 8 kali lipat dibandingkan dengan bulan Mei, bahkan lebih banyak dibandingkan bulan April.

   Baca Juga: KTM Duke 250 Tertangkap Kamera Pakai Lampu Duke 390

Berdasarkan catatan AISI, penjualan otomotif roda dua di Indonesia pada bulan Mei memang mengalami penurunan hingga 21.851 unit untuk pasar domestik. Sementara untuk pengiriman motor ke luar negeri hanya mencapai 5.651 unit saja. Sedangkan di bulan April, penjualan motor domestik hanya mencapai 123.782 unit dan ekspor 10.470 unit.

pabrik suzuki gsx

 

Meskipun mengalami peningkatan di bulan Juni 2020, penjualan industri sepeda motor masih belum mencapai tahapan normal. Jika melihat periode yang sama di tahun 2019, penjualan motor masih merosot jauh. Mengingat di bulan yang sama pada tahun lalu, penjualan bisa mencapai 385.136 unit untuk pasar domestik dan 56.706 di pasar ekspor.

   Baca Juga: VIDEO: Modifikasi Mesin 2 Silinder Honda Spacy dan Honda Supra X 125 | OtoRider

Sebagai tambahan informasi, AISI memiliki lima anggota industri sepeda motor di tanah air, di antaranya adalah Honda, Suzuki, Kawasaki, dan TVS. Karena adanya wabah Covid-19, AISI merevisi target penjualan sebesar 45 persendari semula 6,4 juta unit. Artinya, target penjualan otomotif roda dua di tahun 2020 ini ditargetkan hanya 3,6 hingga 3,9 juta unit saja.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id