Tak Hanya Jual Smartphone, Xiaomi Sekarang Bikin Motor Listrik

Tak Hanya Jual Smartphone, Xiaomi Sekarang Bikin Motor Listrik

Tenaga elektrifikasi pada mobil dan motor semakin meluas di berbagai belahan dunia. Kini bukan hanya industri otomotif yang telah lahir saja yang membuat kendaraan listrik. Tetapi brand lain yang tidak berkecimpung pada industri otomotif sebelumnya pun kini mulai membuat produknya.

Seperti Xiaomi yang telah meluncurkan mobil listrik bernama Redmi Car. Tetapi kini, Xiaomi juga membuat sepeda motor listrik yang bernama A1. Dilansir dari RideApart, Xiaomi A1 diciptakan dengan tujuan sebagai komuter di perkotaan.

   Baca Juga: Kawasaki Ungkap Ninja ZX-25R Spesifikasi Balap, Full Karbon!

Xiaomi A1 merupakan hasil kerjasama dengan sebuah perusahaan Cina lainnya yakni 70mai. motor listrik ini ditawarkan dalam dua varian yakni A1 dan A1 Pro.

Secara desain Xiaomi A1 memiliki bentuk yang mungil, namun tetap terlihat futuristis. Dilengkapi lampu utama yang sederhana dan sadel untuk satu orang saja membuatnya tampak minimalis. Rancangan ini sepertinya sengaja dimaksudkan untuk motor listrik perkotaan saja.

Xiaomi A1

Soal spesifikasinya, Xiaomi A1 memiliki berat yang cukup ringan untuk sebuah skuter yaitu 52 kg. Dibagian bawah dek terdapat sebuah pedal yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Namun skuter ini tetap dapat diisi dengan pengisian daya pada umumnya.

Baterainya sendiri dalam kondisi penuh dapat menempuh jarak hingga 59 km, sedankan varian A1 Pro dapat menempuh 69 km. Pada roda belakang menggunakan ukuran 16 inci yang ditenagai motor listrik 750 W. Motor listrik tersebut dapat melaju hingga kecepatan 25 km/jam.

   Baca Juga: Daftar Harga Matik Honda (April 2020)

Xiaomi A1 juga memiliki fitur-fitur menarik yang jarang hadir di skuter komuter. Seperti menerima perintah suara untuk kebutuhan akses GPS. Selain itu terdapat kamera 1080p di bagian depan untuk merekam perjalanan.

Xiaomi A1 telah menggunakan rem cakram hidrolik pada bagian depan dan rem tromol di belakangnya. Bagian baterai pun dapat dilepas dan diisi secara terpisah dari skuter. Soal harga motor ini dibanderol seharga USD 424 atau setara Rp 6,9 jutaan. Sedangkan untuk versi A1 Pro ditawar seharga USD 566 atau setara Rp 9,2 juta.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id