Alasan Honda Tak Beri Fitur Assist & Slipper Clutch di All New CB150R

Alasan Honda Tak Beri Fitur Assist & Slipper Clutch di All New CB150R

All New CB150R Streetfire telah diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu. Motor naked sport yang diklaim sebagai 'All New' ini mendapatkan sejumlah ubahan. Namun pada bagian mesinnya masih sama seperti generasi lamanya, alias belum berubah.

Padahal jika diingat-ingat, di kelas yang sama yakni All New CBR150R telah mendapatkan fitur assist & slipper clutch di mesinnya. Sedangkan pada All New CB150R Streetfire tidak mendapatkan fitur tersebut. Kira-kira apa yang menjadi alasan Honda tidak memberikan teknologi tersebut di segmen naked sport?

All New Honda CB150R Streetfire 2021

Sakron Limpanachaipondgoon selaku Large Product Leader Honda CB150R menyebutkan dua alasan terkait absennya teknologi tersebut. Menurutnya yang pertama berhubungan dengan engine brake dari All New CB150R Streetfire. Disebutkan engine brake pada motor ini tidak terlalu besar sehingga pemakaian assist & slipper clutch dirasa kurang signifikan.

   Baca Juga: GALERI: Naked Sport Terbaru, All New Honda CB150R Streetfire 2021

"Kenapa tidak menggunakan assist & slipper clutch? Alasannya ada dua. Yang pertama terkait dengan engine braking-nya itu sendiri yang memang tidak besar. Maka pemakaian assist & slipper clutch itu tidak terlalu memberikan efek," ujar Sakron Limpanachaipondgoon dalam sesi tanya jawab secara virtual, Rabu (5/5).

All New Honda CB150R Streetfire 2021

Selanjutnya menurut Sakron Limpanachaipondgoon, All New CB150R jika dipasangkan assist & slipper clutch akan berpengaruh ke drive ability. Penggunaan teknologi ini disebutkan dapat menyebabkan hilangnya kenyamanan. Dirinya berkilah dua hal itu yang membuat fitur tersebut tidak tertanam di mesin 150 cc naked sport.

   Baca Juga: Bedah Fitur All New Honda CB150R Streetfire 2021, Dapat Apa Saja?

"Oleh karenanya penggunaan assist slipper clutch pada mesin 150 cc, dirasa tidak memberikan kontribusi yang sangat besar. Oleh karena itulah pada kali ini tidak disematkan," pungkasnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id