All New CBR150R Punya Upside Down, Bisa Dipasang Di Model Lama?

All New CBR150R Punya Upside Down, Bisa Dipasang Di Model Lama?

All New Honda CBR150R secara resmi mengaspal di Indonesia dengan harga mulai Rp 35,9 jutaan. Dengan harga tersebut, konsumen mendapatkan sejumlah pembaruan di antaranya adalah suspensi upside down dan assist and slipper clutch. Lantas bisakah dua komponen tersebut dipasangkan pada Honda CBR150R model lama?

Thomas Wijaya selaku Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan pada dasarnya keduanya tidak bisa digunakan pada model lama. Menurutnya akan banyak penyesuaian yang harus kembali diubah jika dipasang di CBR150R lama. Dirinya mencontohkan suspensi pada All New CBR150R telah berubah sehingga tidak plug n play.

   Baca Juga: Ramai Motor Matic, Kenapa Honda Luncurkan All New CBR150R?

"Contoh upside down, tidak bisa dipasangkan karena itu pasti banyak berubah. Bagian setang itu diameternya sudah berbeda, sehingga tidak bisa dipasang. Belum penempatan kunci kontak dan lainnya yang membuat komponen ini sulit terpasang di CBR150R generasi lama," ujar Thomas saat peluncuran secara virtual, Selasa (12/1) kemarin.

Suspensi upside down All New Honda CBR150R

Dirinya pun menyebutkan, kesulitan pemasangan komponen baru ini di model lama bukan hanya pada upside down. Fitur assist and slipper clutch yang hadir di All New CBR150R pun tidak mungkin dipasangkan di model lama. Pasalnya bagian mesin antara keduanya tentunya sangat berbeda sehingga sulit diaplikasikan.

   Baca Juga: Muncul Honda CBR150R 2021, Berapa Harga Yamaha R15 dan Suzuki GSX-R150?

"Juga tidak bisa (assist and slipper clutch), karena secara desain dan dudukan belum tersedia. Sehingga bakal lebih kompleks untuk bisa terpasang," lanjut Thomas.

Sebagai tambahan informasi, saat ini All New Honda CBR150R menggunakan suspensi upside down dengan ukuran 37 mm. Sedangkan bagian mesin, mendapatkan fitur assist and slipper clutch yang berfungsi untuk menghilangkan power loss. Selain itu, fitur ini juga mencegah ban selip ketika menurunkan gigi secara ekstrem.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id