First Ride: TVS Callisto skutik India yang Penuh Kenyamanan

First Ride: TVS Callisto skutik India yang Penuh Kenyamanan

 

TVS Callisto merupakan salah satu model skutik asal India yang masuk ke segmen pasar entry level. Skutik 110 cc ini dijual dengan harga Rp 18 jutaan untuk on the road DKI Jakarta. Lantas bagaimana impresi dari mengendarai skutik asal negeri anak benua tersebut?

Impresi pertama menunggangi TVS Callisto adalah hal yang sangat mengejutkan. Tak disangka skutik asal India ini memiliki posisi duduk dan jok yang sangat nyaman. Bagian jok terasa cukup empuk dan lebar sehingga menopang hampir semua badan yang membuat pengendara tidak mudah lelah.

Tak hanya disitu, TVS Callisto juga memiliki bantingan suspensi yang cukup empuk. Bagian bodi juga terasa kokoh baik di bodi plastik ataupun bodi besi di belakang. Bahkan getaran mesin terbilang cukup halus ketika motor dibawa pelan maupun kencang.

Rolling Shot Panning TVS Callisto

Mesin TVS Callisto terasa kasar hanya pada saat distarter, terdapat hentakan yang terasa cukup keras. Namun sisanya semua cukup halus, baik dari getaran maupun suara mesinnya. Dari beberapa poin tadi membuktikan bahwa TVS cukup serius dalam hal kualitas produk yang dijualnya.

   Baca Juga: Intip Harga Yamaha Aerox 155 Terbaru Jelang Akhir 2021, Ada Kenaikan?

Soal performanya TVS Callisto punya tenaga yang sangat terasa di putaran bawah. Namun ketika digeber lebih lanjut, tenaga terasa mengambang sejak kecepatan 40 km/jam. Menariknya ketika tuas gas dibuka tutup di kecepatan menengah, akan terasa seperti mendapat tenaga tambahan yang dihadirkan dari mesin ke roda belakang.

Rolling Shot Panning TVS Callisto

Di putaran atas, tenaga TVS Callisto terasa mengambang terutama ketika speedometer menunjukkan angka di atas 70 km/jam. Memang skutik 110 cc seperti ini tidak difokuskan di performanya. Benar saja, performa atasnya kurang terasa karena motor ini tidak mampu mencapai kecepatan lebih dari 80 km/jam.

   Baca Juga: Nolan Luncurkan Dua Helm Anyar Model 2022, N60-6 dan N80-8

Namun kenyamanan memang menjadi daya tarik tersendiri yang tak dapat diduga dari TVS Callisto. Bantingan suspensi sangat empuk yang membuat skutik ini cukup nyaman melibas jalanan dengan kontur yang tidak rata. Pengereman juga terasa sangat responsif dan mengigit dengan sangat mudah.

Kelebihan

1. Mesin Halus
2. Suspensi Empuk
3. Posisi Berkendara Nyaman

Kekurangan
1. Performa Terbatas 80 km/jam
2. Bobot Berat
3. Starter Kasar

Detail Spesifikasi TVS Callisto

Mesin: 109,7 cc, 1-silinder, 4-langkah, pendingin udara, injeksi
Diameter x Langkah: 53,5 mm x 48,8 mm
Tenaga Maksimal: 7,5 dk di 7.500 rpm
Torsi Maksimal: 8 Nm di 5.500 rpm
Transmisi: Otomatis
Starter: Elektrik dan Kick Starter

Rem Depan: Cakram 220mm
Rem Belakang: Tromol 130mm
Fitur Khusus: SBT (Synchronized Braking Technology)
Ban Depan: 90/90-12, Tubeless
Ban Belakang: 90/90-12, Tubeless

Tipe Rangka: High Rigidity Underbone
Berat kosong: 107 Kg
Dimensi (PxLxT): 1834mm x 650mm x 1115mm
Jarak Sumbu Roda: 1275mm
Jarak Ke Tanah: 150mm
Suspensi Depan: Teleskopik Hidrolik
Suspensi Belakang: Hidrolik dengan Gas

Pengapian: ECU Controlled Ignition
Tipe Baterai: 12V, 4Ah
Lampu Depan: 12V, LED

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id