Komparasi Konsumsi BBM TVS Callisto vs Honda BeAT, Irit Mana?

Komparasi Konsumsi BBM TVS Callisto vs Honda BeAT, Irit Mana?

 

TVS Callisto hadir di Indonesia mengisi segmen pasar skutik entry level 110 cc. Skutik asal India itu secara tidak langsung akan bersaing dengan Honda BeAT karena memiliki kapasitas mesin yang sama. Di segmen ini konsumsi bahan bakar menjadi fokus utama dari para penggunanya, lantas bagaimana perbandingannya?

Sebelum membahas mengenai konsumsi bahan bakarnya, mari mengenal mesinnya terlebih dahulu. TVS Callisto memiliki mesin berkapasitas 109,7 cc, 1-silinder, 4-langkah, berpendingin udara. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 7,5 dk di 7.500 rpm dan torsi 8 Nm di 5.500 rpm.

   Baca Juga: Tutup Tahun 2021, Honda Segarkan Warna All New Scoopy

Sementara Honda BeAT memiliki mesin yang lebih bertenaga dari TVS Callisto. Dengan mesin yang lebih kompak, berkapasitas 110 cc dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI dan teknologi mesin eSP. Paduan itu membuat tenaganya mencapai 8,85 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

TVS Callisto 110

Mengenai pengetesan konsumsi bahan bakar, TVS Callisto melakukan perjalanan sejauh 64 kilometer. Dari pengetesan dengan jarak tersebut, skutik asal India ini meminum bahan bakar sebanyak 0,98 liter saja. Dari angka tersebut menunjukkan TVS Callisto mampu menempuh jarak 65 km dengan 1 liter bahan bakar, alias 65 km/liter.

   Baca Juga: Daftar Harga Line-Up Honda Terbaru, Akhir Tahun Tidak Naik (Desember 2021)

Sementara konsumsi All New Honda BeAT tercatat mencapai 62 km per liter menggunakan bensin dengan oktan 95. Angka tersebut diperoleh dengan teknik berkendara paling irit dan diusahakan ECO indikator selalu menyala. Sedangkan kalau digunakan normal untuk harian, hasil tes masih mencatat sebesar 51 km per liter.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id