Aturan Pembuatan SIM Diperbarui, Harus Punya BPJS Kesehatan?

Aturan Pembuatan SIM Diperbarui, Harus Punya BPJS Kesehatan?

 

Setiap pengendara sepeda motor tentunya harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) C. Kepemilikan SIM bukan sebagai syarat bebas tilang, namun sebagai syarat pengendara mampu membawa motor. Kini aturan dan syarat pembuatan SIM telah diubah yang mewajibkan memiliki Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

BPJS Kesehatan menjadi syarat untuk membuat SIM telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Aturan ini dihadirkan sebagai syarat untuk mendapatkan pelayanan publik. Kewajiban tersebut telah dimuat dalam Instruksi Presiden (Inpres) 1/2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

   Baca Juga: Perbedaan Harga dan Waktu Indent Honda Vario 160 di Jakarta-Tangerang

Aturan tersebut telah diresmikan dan ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada 6 Januari 2022 lalu. Kemudian aturan ini juga menginstruksikan kepada Kapolri untuk melakukan penyempurnaan regulasi untuk memastikan pemohon SIM adalah peserta aktif program JKN.

Polisi Tilang Moge

"25. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk:
a. melakukan penyempurnaan regulasi untuk memastikan pemohon Surat Izin Mengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah Peserta aktif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional," berikut bunyi aturan dalam Inpres 1/2022.

   Baca Juga: Perbandingan Tes Akselerasi Yamaha R15M vs Suzuki GSX-R150

Sebagai tambahan informasi, kebijakan ini diterapkan untuk memastikan 98% penduduk Indonesia terdaftar sebagai peserta program JKN di 2024. Pada tahun lalu, jumlah peserta hanya mencapai 234,7 juta orang atau setara 86,17%. Sementara di tahun ini ditargetkan mencapai 244,9 juta jiwa atau 89,5%.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id