Electric Power Steering, Teknologi yang Sedang Dikembangkan Yamaha

Electric Power Steering, Teknologi yang Sedang Dikembangkan Yamaha
Sabtu, 9 April 2022 14:55
Ruslan Abdul Gani

Seiring perkembangan, teknologi yang disematkan pada sepeda motor terus ditingkatkan serta sistem kerja elektronik semakin kompleks. Tujuannya untuk memudahkan serta memberikan kenyamanan bagi pengendara. Salah satu teknologi yang sedang dikembangkan oleh pabrikan motor Yamaha yaitu Electric Power Steering (EPS).

Sistem ini berfungsi untuk memudahkan pengendara saat mengendalikan motor serta menjaga kestabilan. EPS bekerja menggunakan sensor torsi dan teknologi magnet yang berbeda dari sistem electric power steering yang ada di mobil.

   Baca Juga: Skema Kredit Yamaha Fazzio Di IIMS Hybrid 2022, Cicilan Mulai Rp 1 jutaan

Teknologi Electric Power Steering Yamaha

Yamaha menyebut dengan peningkatan stabilitas, maka dapat mengurangi kelelahan pengendara. Selain itu, juga bisa menguntungkan pengendara karena meningkatkan kenyamanan dan keamanan.

Prototipe EPS Yamaha ini bekerja dalam dua kondisi. Kondisi pertama yaitu untuk meringankan setang di kecepatan rendah dan kedua menstabilkan setang saat kecepatan tinggi. Aktuator EPS menggunakan sensor torsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi gerakan fisik.

Teknologi Electric Power Steering Yamaha

Pada kecepatan tinggi akan mengurangi gerakan setang yang tidak diinginkan dengan menangkal tekanan luar saat lewat permukaan jalan tak rata. Saat ini teknologi EPS ini sedang diuji pada motor balap Yamaha YZ450FM dan YZ250F yang bersaing di All Japan Motocross Championship.

   Baca Juga: Yamaha X-Ride Dapat 3 Pilihan Warna Baru, Harga Kini Rp 19,4 Jutaan

Nantinya, data yang diperoleh digunakan untuk mengembangkan EPS yang pada akhirnya akan dipasang di sepeda motor produksi. Selain off-road, EPS dapat membantu meningkatkan kenyamanan dan kemampuan berkendara jarak jauh seperti motor untuk komuter, cruiser, dan sport-touring.

Sumber: RideApart

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.