Jelang MotoGP Indonesia, Sirkuit Mandalika Masih Kejar Infrastruktur

Jelang MotoGP Indonesia, Sirkuit Mandalika Masih Kejar Infrastruktur

 

MotoGP Indonesia akan diselenggarakan dalam waktu dekat yakni 18-20 Maret 2022 mendatang di Sirkuit Mandalika. Selain menjadi tuan rumah, sirkuit baru ini juga menjadi ajang tes pra-musim MotoGP 2022 pada Februari. Lantas, karena banyaknya kegiatan, bagaimana kesiapan Sirkuit Mandalika?

Berdasarkan informasi dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), sejumlah persiapan sedang dilakukan. Di antaranya adalah perbaikan sistem saluran air lintasan, pembangunan tribun penonton, dan pembenahan lintasan. Perihal sumber daya manusia untuk perekrutan marshal juga sedang dilakukan.

Sirkuit Mandalika

Mengenai sistem saluran air alias drainase track, disebutkan telah diperbaiki. Drainase baru ini sedang dipantau dan dievaluasi secara rutin dan disimpulkan tidak ada lagi genangan saat hujan lebat di sirkuit. Hal ini dilakukan mengingat pada penyelenggaraan World Superbike, sempat terjadi genangan di sejumlah titik.

   Baca Juga: Tiga Tipe Ban Slick Michelin Bakal Diuji Di Sirkuit Mandalika

ITDC Group juga telah membenahi main track Sirkuit Mandalika dengan pengecetan beberapa area barrier. Selain itu terdapat penambahan tire barrier pada beberapa lokasi dan pemasangan digi flag. Beberapa infrastruktur ini ditambahkan sesuai dengan permintaan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Paddock Tim WSBK 2021 dan Trek Sirkuit Mandalika

Pekerjaan lainnya meliputi tribun penonton, Hospitality Suites VIP VIllage, dan 11 titik lainnya di area Sirkuit Mandalika. Progres pembangunan Hospitality Suites VIP VIllage telah memasuki pekerjaan struktur seperti baja, dinding, dan wiremesh. VIP Village ini rencananya akan diisi 2.400 orang penonton.

   Baca Juga: Rossi Ungkap Rasa Takut, Perkembangan Motor, dan Strategi Balap MotoGP

"Kami berupaya mempercepat perbaikan serta melengkapi sarana dan prasarana yang ada di sirkuit ini untuk memaksimalkan balap akbar MotoGP di Pertamina Mandalika Circuit dan Mandalika MotoGP Official Test pada 11-13 Februari. Kami memastikan seluruh pekerjaan ini telah dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek teknis sehingga dapat memenuhi persyaratan standar yang diminta Dorna Sport maupun FIM," ujar Direktur Teknik dan Operasi MGPA, Samsul Purba.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id