Tiga Tipe Ban Slick Michelin Bakal Diuji Di Sirkuit Mandalika

Tiga Tipe Ban Slick Michelin Bakal Diuji Di Sirkuit Mandalika
Sabtu, 29 Januari 2022 17:00
Thio Pahlevi

Gelaran MotoGP Mandalika bakal segera berlangsung pada 18-20 Maret mendatang. Sebelum seri tersebut, sesi tes pramusim juga diadakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 11 Februari. Tak hanya para pembalap, Michelin yang menjadi title sponsor sekaligus pemasok tunggal ban dalam perhelatan MotoGP turut bersiap jelang sesi tes ini.

Piero Taramasso selaku Michelin Two Wheels Motorsport Manager mengatakan bakal mencoba beberapa spesifikasi ban yang cocok digunakan pembalap MotoGP di Mandalika. Lantas, tipe ban apa saja yang akan diuji?

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Yamaha Fazzio Hybrid Livery Sean Wotherspoon

Serupa seri-seri di sirkuit lainnya, Piero mengaku ada tiga spesifikasi ban Michelin jenis slick yang bakal dicoba, yaitu tipe soft, medium, dan hard. Nantinya saat balapan dimulai pada 20 Maret 2022, para rider akan menjajal ketiga tipe ban tersebut dalam sesi Latihan Bebas selama akhir pekan. Setelah itu, para pembalap akan memilih tipe yang menurut mereka terbaik dalam hal cengkeraman dan daya tahan untuk digunakan dalam balapan.

Paddock Tim WSBK 2021 dan Trek Sirkuit Mandalika

"Sesudah tes pertama tim Michelin sudah bisa menentukan kebutuhan ban seperti apa, atau jika ada spesifikasi khusus yang diperlukan untuk seri ini. Kecepatan dan temperatur yang dicapai atau dihadapi ban-ban dalam MotoGP jauh lebih tinggi dibanding dengan pada kompetisi lain, sehingga ban yang digunakan juga didesain khusus, baik dalam hal rancang bangun maupun campuran bahan yang digunakan supaya bisa mengatasi kondisi berkendara yang ekstrem di lintasan," ujar Piero.

   Baca Juga: Honda Rilis CB300R 2022, Paduan Tampang Klasik dan Teknologi Modern

Pada sesi uji nanti, Michelin akan mengirimkan tim tyre fitter dan race tyre engineer yang merupakan bagian dari tim Michelin Motorsport Roda Dua. Sementara untuk gelaran MotoGP Mandalika, Michelin bakal mengirimkan tak kurang dari 25 tim Motorsport yang terdiri dari tyre fitters, race tyre engineers, manajer, kordinator lapangan serta media dan komunikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.