Nasib Bisnis Oli Terhadap Perkembangan Motor Listrik di Tanah Air

Nasib Bisnis Oli Terhadap Perkembangan Motor Listrik di Tanah Air
Sabtu, 3 September 2022 12:30
Gemilang Isromi Nuar

Saat ini pertumbuhan motor listrik sudah mulai berkembang di Tanah Air. Pameran terkait kendaraan listrik pun sudah diselegarakan melalui Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS). Motor listrik juga disinyalir akan semakin dilirik karena adanya berita kenaikan harga BBM.

Namun, dampak dari berkembangnya motor listrik akan sangat berpengaruh terhadap sejumlah bisnis pendukung otomotif, salah satunya oli motor. Motor listrik sendiri tak memerlukan perawatan khusus seperti motor bermesin bakar yang harus mengganti oli mesin, oli transmisi, atau cairan radiator secara berkala.

Federa Oil

          Baca Juga: Pertamina Terjun ke Bisnis Swap Baterai Motor Listrik

Terkait hal itu, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Sri Adinegara mengakui permintaan motor listrik akan terus meningkat. Tetapi, belum bisa mengalahkan penjualan motor konvensional yang membutuhkan pergantian pelumas.

"Federal Oil akan mulai beradaptasi, tapi ini belum dominan. Dan saya yakin saat ini bisnis pelumas sepeda motor masih akan terus berkembang," ujar Sri Adinegara saat peluncuran produk baru Federal Oil, Selasa (30/8).

Ia menambahkan, motor listrik masih belum sebanyak motor konvesional dan belum menjadi pilihan utama para pengendara di Indonesia. Sehingga, masih ada pemilik motor yang pergi ke bengkel untuk mengganti olinya.

Federa Oil

     Baca Juga: Dibanderol Mulai Rp 34 Jutaan, Bagaimana Karakter Tenaga Alva One?

Pergantian dari motor konvesional ke listrik ini, ibarat seperti konsumen yang memilih jenis sepeda motor dari sebelumnya manual menjadi dominan matic.

"Transisi untuk motor matic yang menjadi dominan pilihan masyarakat Indonesia untuk saat ini, membutuhkan waktu sekitar satu dekade atau 10 tahun. Jadi, bisnis pelumas masih akan menjanjikan," kata Sri Adinegara.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.