Pabrikan China Rilis Mesin V-Twin Mirip Kepunyaan Harley-Davidson

Pabrikan China Rilis Mesin V-Twin Mirip Kepunyaan Harley-Davidson

 

Pabrikan motor China memang terkenal sering menjiplak tampilan ataupun teknologi dari merek lain. Biasanya motor dengan kapasitas mesin kecil yang menjadi bahan jiplak, tetapi kali ini berbeda. Merek asal China, Shineray baru saja merilis mesin motor yang mirip kepunyaan Harley-Davidson (HD) Evolution.

Seperti diketahui, mesin V-Twin 45 derajat merupakan trademark HD. Desain HD Evolution V-Twin sudah dipakai di Sportster sejak 1986 dan akhirnya ikut berevolusi karena HD mengeluarkan Sportster S 2021. Selama bertahun-tahun, mesin yang digerakkan dengan pushrod ini telah mendapatkan pujian karena keandalan dan kesederhanaannya mempertahankan V-Twin.

   Baca Juga: Honda Diduga Rilis ADV160 Baru, Intip Lagi Harga dan Spek ADV150

Melansir darirideapart, kalau dilihat dari tampilan luarnya, kemiripan mesin ini terlihat dari arsitektur mesin 45 derajat, sirip pendingin di blok mesin hingga penutup rocker. Kemudian penutup pushrod krom hingga lokasi filter oli mirip mesin khas dari Harley Davidson yang legendaris.

Pabrikan China Rilis Mesin V-Twin Mirip Kepunyaan Harley-Davidson

Tak hanya pada bagian luar, Mesin Shineray berkapasitas 1.200 cc juga mendukung empat camshaft yang menggerakkan masing-masing satu katup berkat pushrod yang dipasang di kanan. Namun, kinerjanya belum mampu menyaingi Evo.

   Baca Juga: Pengguna Motor Harus Pakai Aplikasi MyPertamina Saat Beli Pertalite?

Mesin V-Twin Shineray 1.200 cc dengan rasio kompresi 9,1:1 menghasilkan tenaga 60 dk dan torsi 66,4 lb-ft. Sedangkan, Evo 1.200 cc Forty-Eight dengan rasio kompresi 10:1 menghasilkan 67 dk dan torsi 73 lb-ft.

Shineray sebelumnya membeli merek motor asal Italia, SWM dan merilis mesin V-Twin berpendingin cairan dengan kapasitas mulai dari 350cc, 550cc, 850cc, dan 1.200cc. Karena hal tersebut, mesin ini menjadi mesin terbaru dengan V-Twin 1.200cc berpendingin udara. Shineray belum merilis motor apa yang bakal memakai mesin ini. Sayangnya, diprediksi mesin ini tidak akan masuk Eropa, karena regulasi uji emisi di benua biru sekarang sudah Euro 5.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id