Wajib Ganti Oli Motor Baru pada 1.000 Km Pertama, Ini Alasannya

Wajib Ganti Oli Motor Baru pada 1.000 Km Pertama, Ini Alasannya

 

Oli mesin merupakan salah satu komponen fast moving yang perlu diperiksa dan diganti secara berkala. Umumnya, oli mesin dianjurkan diganti setiap pemakaian 2.000 kilometer (km). Namun, pada motor baru, dihimbau untuk mengganti oli mesin pertama kali ketika mencapai 1.000 km. Nah, apa alasannya?

   Baca Juga: Perbandingan Harga Honda CBR250RR Terbaru dan Lama, Selisih Berapa?

"Oli motor baru itu harus diganti saat melakukan servis pertama atau menginjak kilometer 1.000," kata Nurdin, Kepala Mekanik Honda DAM pada OtoRider.

Bukan tanpa alasan, Nurdin menilai penggantian oli tersebut untuk menghindari adanya gram yang tertinggal saat pembuatan dari pabrik. 

Beberapa Ciri Oli Mesin Sudah Harus Diganti

"Takut ada gram yang tertinggal. Jadi, wajib mengganti oli, jangan lebih dari 1.000 km. Memang idealnya itu 2.000 km dilakukan setelah penggantian pertama dan dilakukan berkala," tambahnya. 

   Baca Juga: Konversi Motor BBM ke Listrik Masih Mahal dan Tak Dapat Garansi

Oli sendiri berperan penting dalam sistem kerja pada mesin motor. Di antaranya adalah membantu mengurangi gesekan, mendinginkan suhu mesin agar tetap ideal, dan membuat suara mesin motor menjadi halus.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id